Bersama Ketua DPW IPJI Jawa barat, DPC IPJI Ciamis Evaluasi Kinerja dan Rumuskan Formasi Baru

Fokus Kab Ciamis Sosial

Reporter : Gian

KAB.CIAMIS, FOKUSPRIANGAN.ID – Ketua Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Dewan Perwakilan (DPW) Jawa Barat, Dra.Ai Mulyani M.Pd, berkunjung Dewan Perwakilan Cabang (DPC) IPJI Kabupaten Ciamis Pada Sabtu, (18/20/2020), bertempat di Rumah Makan Saung Kejo, Cigembor, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Agenda Silaturahmi dan Evaluasi kerja para kuli tinta tersebut dihadiri oleh Jurnalis dari berbagai media, baik cetak maupun media elektonik yang tergabung dalam wadah DPC IPJI Ciamis.

Dalam amanatnya, Ai memaparkan langkah-langkah strategis kedepan terkait dengan program kerja, haruslah berpegang teguh sebagaimana yang tertuang dalam AD/RT Ikatan penulis jurnalis indonesia.

Selanjutnya, menurut Ketua DPW IPJI Jabar yang sering disapa Bunda oleh para anggotanya ini berkeinginan membentuk DPC IPJI Ciamis menjadi lebih terarah, dengan upaya membentuk formasi kepengurusan yang lebih solid.

“Paska berahirnya masa jabatan PLT Ketua IPJI DPC Ciamis, IPJI Ciamis sempat mengalami vakum beberapa bulan terakhir, terlebih dikarenakan pengunduran salah satu pengurus DPC IPJI Ciamis membuat para pengurus serta anggota terefleksi hingga akhirnya mati suri,” jelas Ai.

Untuk itu, kehadiran dirinya tak lain untuk memberikan pembekalan sekaligus monitoring dan evaluasi agar IPJI Ciamis kedepan lebih baik dan maju dalam menjalankan roda organisasi.

Lebih lanjut Ia mengakatakan bahwa setelah hasil dari penelusurannya, mati surinya IPJI di Ciamis salahsatunya di sebabkan dari mis komunikasi antara pengurus kepada para anggota.

“Apapun bisa kita komunikasikan dengan bentuk musyawarah dan koordinasi. Diharapkan kedepannya hal-hal sepele yang membuat perpecahab agar tidak terulang lagi.
Kita harus solid dan kompak dengan tetap mengacu pada aturan yang ada di IPJI,” terangnya.

Ia pun berpesan para jurnalis yang tergabung di dalam wadah IPJI setelah di kukuhkan kembali kepengurusan yang baru bisa bersinergi dengan seluruh stake holder penerintah setempat, menjalankan aktivitas jurnalistik dengan tetap berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

“Terpenting adalah menjalankan tupoksi jurnalis sesuai dengan UU PERS No 40 Tahun 1999, dalam penyajian pemberitaan jangan memberikan informasi hoak pada masyarakat, laksanakan kegiatan kejurnalisan sesuai aturan mekanisme yang ada,” paparnya.

Dilain hal, Ai Menyikapi pandemik corona yang saat ini tengah menghadapi Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) pasca di cabutnya aturan PSBB akibat wabah covid yang berkepanjangan, maka jurnalispun yang tergabung dalam IPJI dalam menjalankan aktivitasnya harus mengikuti peraturan sesuai protokol covid-19.

Selain itu, Ai membahas terkait pelaksanaan kegiatan anak didik di sekolah yang di laksanakan secara daring dan mobile teacher dengan alasan covid-19.

“Itu merupakan hal yang tidak bisa di pahami. Pasalnya, Pasar, Mall, Objek Wisata, tempat karoke dan yang lainnya sudah bisa beroperasi dan banyak yang berkrumun. Sedangkan sekolah malah di tutup atau tidak boleh ada kegiatan tatap muka,” ungkapnya.

Sementara ketua DPC IPJI Kabupaten Ciamis Arif Ma’ruf menyambut baik langkah langkah upaya strategis terkait program IPJI kedepan,sebagai jembatan membangun sinegritas di semua lini khusunya wilayah kerja DPC IPJI kabupaten ciamis.

Ia berjanji akan berupaya sesuai dengan kemampuannya, agar IPJI di Ciamis akan lebih berkibar dan besar.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya agenda pertemuan kali ini, IPJI Ciamis akan lebih baik dengan mutu para Jurnalis yang lebih kompeten dengan menyuguhan karya jurnalistik yang baik,” tukasnya.