Fokus Kab Ciamis Sosial

Aksi Solidaritas PMII Ciamis Terhadap Kader PMII Pamekasan

Reporter : Alvine

KAB.CIAMIS, FOKUSPRIANGAN.ID – Pada Kamis lalu, (25/06/2020) PC PMII Pamekasan melakukan aksi demontrasi penutupan Tambang Ilegal Galian C di depan Kantor Bupati Pamekasan, karena dengan adanya tambang itu sangat merugikan masyarakat sekitar. Akan tetapi aksi tersebut berakhir tidak diindahkan oleh Bupati Pamekasan, dan terjadilah bentrok antara masa aksi dengan pihak kepolisian.

Bentrokan tersebut mengakibatkan 1 orang terluka parah bocor kepala, dan ada beberapa masa aksi lainnya dilarikan ke Rumah Sakit.

74 Tahun Hari Bhayangkara, insiden pemukulan atau tindakan represif lainnya yang dilakukan oleh pihak kepolisian di Pamekasan menjadi bahan refleksi dan evaluasi bagi jajaran kepolisian kota maupun kabupaten, jangan sampai terjadi lagi pada Kader PMII se-Indonesia dan kepada siapapun ketika melakukan advokasi maupun aksi memperjuangkan hak-hak yang tertindas.

Sehubungan dengan peristiwa tersebut PC PMII Kabupaten Ciamis melalui Koordinator Abdul Aziz pada Kamis (02/07/2020),menyampaikan beberapa hal kepada awak media melalui press release, dalam hal ini pihak keamanan negara melalui kepolisian telah mencoreng dan mencederai asas berdemokrasi, sesuai dengan pasal 28E UUD 1945 mengenai hak warga negara menyampaikan pendapat dimuka umum dan UU No 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum.

“Selain itu, UU No.2 Tahun 2002,
tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kemudian, Perkapolri No 9 Tahun 2008, Perkapolri No 16 Tahun 2006 dan Perkapolri No 8 Tahun 2009, tindakan represif yang dilakukan aparat kepolisian di Pamekasan terhadap kader PMII tidak mencerminkan adanya kebebasan publik untuk mengeluarkan pendapat yang sebenarnya dilindungi oleh undang-undang,” Tegas Abdul.

“Bersamaan dengan Hari Bhayangkara-74, PC PMII Ciamis memberikan Rapor Merah untuk Polri,mendorong Kapolres Ciamis agar mematuhi aturan dan kode etik Polisi dengan aturan yang berlaku, mendorong Kapolres Ciamis agar menghukum tegas jika anggota Kepolisian Wilayah Ciamis yang melakukan tindakan represif untuk menjaga integritas kepolisian, meminta Kapolres Ciamis untuk mendorong Polri agar segera menindak lanjuti Kepolisian yang melakukan tindakan represif kepada kader PMII di Pamekasan,” Pungkasnya.

Dan PC PMII Kabupaten Ciamis juga meminta Kapolres Ciamis untuk mendorong Polri agar mengusut Pertambangan Ilegal Galian C di Pamekasan.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter