FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Berstatus Hijau Kota Sukabumi Diizinkan Menerapkan Aturan Sekolah Fisik

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Kota Sukabumi berstatus zona hijau penyebaran virus corona (Covid-19). Hal tersebut dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, Kota Sukabumi menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang dinyatakan aman dari virus corona. “Alhamdulillah, ada satu wilayah sekarang masuk zona hijau yaitu Kota Sukabumi,” kata Kang Emil dalam jumpa pers, di Gedung Sate, Senin (29/6/2020).

Kang Emil mengatakan penilaian yang dilakukan pihaknya memakai sembilan indikator, yakni laju ODP, PDP, pasien positif-kesembuhan, kematian.
Kemudian reproduksi instan, transmisi/kontak indeks, pergerakan orang, dan risiko geografi atau perbatasan dengan wilayah transmisi lokal.

Dengan status zona hijau, Kang Emil memberikan izin kepada Pemerintah Kota Sukabumi untuk menyiapkan protokol kesehatan di sekolah. Ia pun memerintahkan Gugus Tugas Jabar berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kota Sukabumi dalam mengawal proses adaptasi siswa kembali ke sekolah. “Kami izinkan Kota Sukabumi untuk persiapan protokol sekolah karena sesuai aturan zona hijau bisa menerapkan aturan sekolah fisik,” ujarnya.

Selain itu, Kang Emil mengatakan terdapat sejumlah daerah yang turun statusnya dari zona biru ke zona kuning. Namun mantan wali kota Bandung itu belum menyebut secara rinci daerah tersebut. “Mungkin besok atau lusa disampaikan ke media. Tapi yang jelas jumlahnya tidak terlalu banyak dan ini contoh jangan main-main dengan kewaspadaan,” ujarnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter