Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Guna Melakukan Penanganan Dan Pencegahan Stunting, Pemerintah Kecamatan Sukaraja Ikuti Gelar Rembuk Stunting Online

Reporter : Ando Saragih

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka menjaga konsistensi upaya menurunkan angka stunting di wilayahnya, Pemkab Tasikmalaya, menggelar rembuk stunting. Rembuk Stunting dilakukan secara Stunting Online (zoom meeting), guna memutus rantai penularan Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yaitu 39 Kecamatan serta beberapa unsur lainnya.

Salahsatunya yang mengikuti Rembuk Stunting dilakukan secara Stunting
Online (zoom meeting) tersebut yaitu Kecamatan Sukaraja, yang mengambil tempat di aula desa Sukapura, Senin (29/06/20).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Sukaraja, Kepala desa se-Kecamatan Sukaraja, UPT kesehatan, UPT pendidikan, Kepala KUA, lembaga keagamaan serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk usulan program dalam rangka percepatan, Pencegahan dan Penanganan stunting terintegritas di wilayah Kab.Tasikmalaya khususnya di Kecamatan Sukaraja.

“Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang anak balita akibat kekurangan gizi, bila terjadi hal ini terjadi bisa mengakibatkan buruknya perkembangan dan pertumbuhan otak anak sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah sosial yang bisa mempengaruhi masa depan serta produktifitas anak tersebut,”ucap Camat Sukaraja H.E Agus Muslim,S.Pd M.Si.

Untuk mecegah hal tersebut, pihaknya bersama pihak terkait membuat usulan-usulan program penanganan stunting melalui Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Gizi Sensitif dengan sasaran 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) anak hingga mencapai usia 6 tahun.

“Insya Allah, Kami dari pihak Pemerintah kecamatan akan secepatnya melaksanakan Rakor di tingkat kecamatan bersama unsur terkait lainnya.

H.E Agus Muslim menambahkan karena ini merupakan kegiatan Nasional yang harus kita tuntaskan, untuk mengatisipasi stunting kami akan bekerjama dengan pihak Puskesmas, UPT Pendidikan, Pertanian dan yang lainnya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, mudah mudahan dengan bekerjasama sinergitas dengan unsur terkait, bisa menjalankan program dalam menuntaskan mengenai stunting yang ada di wilyah kecamatan Sukaraja,”imbuhnya.

“Musyawarah ini mudah mudahan bisa menjadi mementum untuk menjadikan Kecamatan Sukaraja bersih dari kasus stunting, namun tentunya dengan kerja sama semua unsur pihak terkait,”pungkasnya.
#Andi

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter