Fokus Kab Tasik Sosial

Para Petani Desa Bojonggaok Yang Tergabung Kelompok P3A Tengah Kerjakan Saluran Irigasi

Reporter : Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID- Para petani desa Bojonggaok yang tergabung dalam kelompok P3A Sindangdarat saat ini tengah melakukan pekerjaan pembangunan perbaikan jaringan irigasi kampung Buniseah dengan panjang 420 meter, lokasi tepatnya berada didusun Buniseah Desa Bojonggaok, kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa barat.
Sabtu (27/06/20).

Endang Herman Sekertaris kelompok P3A Sindangdarat ditemui di lokasi kepada fokuspriangan.id mengatakan untuk irigasi kampung Buniaseah sudah lama tidak di bangun. Alhamdulilah setelah di ajukan oleh pihak pemerintah desa Bojonggaok sekarang terealisasi. Pekerja sedang berjalan hampir 40% dan jaringaan irigasi tersebut untuk mengairi 20 hektar sawah dan kami mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Bojonggaok, BBWS dan Pemerintah pusat,”katanya.

Salahsatu masyarakat.” Slamet yang ikut bekerja mengatakan Alhamdulilah dengan adanya program irigasi ini bisa membantu kami dalam perkenomian. Karena kami ikut bekerja di sini dan orang tua saya pun punya sawah Alhamdulilah bisa teraliri airnya. Saya mengucapkan terimaksih kepada pemerintah desa Bojonggaok khususnya kepala desa, dengan adanya program pembangunan rehap irigasi ini bisa terbantu,”ucapnya.

Sementara Deni Jaelani kepala desa Bojonggaok menambahkan syukur Alhamdulilah sampai saat ini proses pelaksanaan pembangunan irigasi mencapai 40% dan mudah- mudahan bisa dipercepat pekerjaannya lagi,”ujarnya.

Lanjut Deni kami sebagai pemerintah desa tetap terus mengawasi dan monitor. Sampai saat ini hasil pengawasan kami dilapangan sudah sesuai prosedur seperti papan proyek sudah terpapang, masyarakat setempat dilibatkan dan sebelum pelaksanan pekerjaan pembangunan irigasi sudah di sosialisasikan ke masyarakat, Alhamdulilah sudah hampir puluhan tahun sekarang bisa terealisasi.

Berkat mengajukan permohonan bantuan perbaikan jaringan irigasi melalui Balai besar wilayah sungai Citanduy (BBWS) dan sekarang direalisasi dengan mendapatkan bantuan dari kementerian PUPR dengan anggaran Rp.195 juta., sumber anggaran APBN tahun 2020 dengan nomor PKS 46 /P3-TGAI/PPK O&P SDA lll/V/2020.anggaran tersebut langsung dialokasikan untuk pekerjaan pembangunan perbaikan jaringan saluran irigasi di Buniseah pelaksanaan pekerjaan pun dilakukan secara swakelola oleh kelompok P3A Sidangdarat dengan memberdayakan warga setempat,” katanya.

Deni berharap dan mudah-mudahan irigasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat desa Bojonggaok khususnya kedusunan Buniseah,”pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter