Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Unsur Muspika Kecamatan Jamanis Resmikan Kampung Tangguh Lembur Tohaga di Desa Karangresik

Reporter : Anton
TONTON VIDEONYA :

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Unsur Muspika Kecamatan Jamanis, beserta unsur lainnya meresmikan pembukaan Kampung Tangguh Lembur Tohaga yang berada di Kampung Sukaroya, lembur tohaga, Desa karangresik, kecamatan Jamanis Kab.Tasikmalaya. Rabu (24/06/20)

Tujuannya dari Kampung Tangguh Lembur Tohaga ini adalah untuk membentuk desa tangguh melawan pandemi Covid-19. Harapannya, masyarakat desa tetap sehat terbebas dari Pandemi Covid-19.

Ade Rojak Kepala Desa Karangresik kepada fokuspriangan.id, mengatakan Alhamdulilah terpilihnya kampung Sukaroya menjadi kampung Tangguh Lembur Tohaga, yang mana hari ini sudah di resmikan oleh pihak Muspika kecamatan Jamanis, kami dari pihak Pemerintah desa sangat bersyukur,”katanya.

Masih menurut Ade, ada rencana kampung Sukaroya tersebut akan di jadikan kampung wisata oleh masyarakat, kami dari pihak pemerintahan desa Karangresik akan mendukung sekali.
Dan saya atas nama pemerintahan desa Karangresik mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sukaroya dan pihak Muspika kecamatan,”ucapnya.

Ade Berharap dan mudah mudahan kampung Sukaroya lebih maju lagi dan kepunduhan kepuduhan yang lain bisa mengikuti seperti kampung Sukaroya,”harapnya.

Semementara Winardi Hidayat ,S.Ip, M.Si, Camat Jamanis, menambahkan
kampung Sukaroya desa karangresik ini kami resmikan sebagai kampung percontohan dengan judul “Kampung Tangguh Lembur Tohaga”.
Maksudnya adalah bahwa di kampung Sukaroya ini penduduk nya betul-betul merupakan masyarakat yang sadar, kreatif dan produktif sehingga mampu menjadi kampung yang mandiri,”katanya.

Masih dikatakan Winardi sehingga walaupun dalam situasi pendemik covid 19 sekarang pun masyarakat kampung Sukaroya ini tidak lah begitu terpengaruh oleh dampak covid 19 ini. karena dengan kemandirian nya masyarakat yang secara sadar dan terbiasa bisa memanfaatkan lahan tanah nya yang memang subur untuk di tanami tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan konsumsi makanan sehari-hari secara alami. termasuk memanfaat kan pekarangan rumah nya untuk di manfaatkan dengan menanam tanaman yang bermanfaat. Membuat kelompok ternak ikan penangkaran dari mulai proses kembang biak peneloran sampai menjadi ikan besar yang siap di jual. Kesadaran pengumpulan zakat, infak, sodakoh dari warga yang di kelola oleh panitia. Dimana hasil dari pengumpulan zakat, infak, sodaqoh ini untuk di samping membantu masyarakat tidak mampu, juga untuk pembangunan sarana keagamaan dan fasilitas- fasilitas umum lainnya sesuai dengan kebutuhan warga kampung Sukaroya. Serta pengelolaan sampah yang di ambil dari tiap rumah penduduk oleh para pemuda sehingga bisa menghasilkan disamping kreasi dan inovasi dari pemanfaatan sampah, juga pendapatan bagi para pemuda itu sendiri.

Atas dasar itulah, kami meresmikan kampung Sukaroya ini menjadi “Kampung Tangguh Lembur Tohaga”.
Dan Insya Alloh di kampung Sukaroya ini tidah ada masyarakat yang kelaparan karena memang tanah nya menjadi produktif dan masyarakat nya kreatif inovativ. Bahkan kedepannya juga akan di tata kembali untuk menjadi kampung wisata,” ucapnya.

Winardi berharap dengan peresmian Kampung Tangguh Lembur Tohaga ini akan menjadi percontohan dan motivasi bagi kampung lainnya di wilayah Kecamatan Jamanis,”Pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter