Fokus Kab Ciamis Pemerintahan Sosial

Pelatihan Perlindungan Masyarakat Bagi Satlinmas di Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis

Reporter : Alvine NR

KAB.CIAMIS FOKUSPRIANGAN.ID – Demi meningkatkan peran dan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) khususnya dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kabupaten Ciamis, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis laksanakan Pelatihan Perlindungan Masyarakat Bagi Satlinmas, acara tersebut dilaksanakan di Aula Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Selasa, (23/06/2020).

Adapun narasumber menghadirkan dari Satpol PP Kabupaten Ciamis, Kodim 0613/Ciamis, Koramil/1310 Rancah, Polsek Rancah, dan Pelatihan Lapangan oleh Satpol PP Kabupaten Ciamis. Dan di hadiri oleh Camat Tambaksari, Kapolsek Rancah, Danramil Rancah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta diikuti oleh Satlinmas se-Kecamatan Tambaksari.

Acara dibuka langsung oleh Camat Tambaksari Dadang Heriyana, S.H., Dalam sambutannya Camat, menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah upaya yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan ataupun keterampilan aparat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Satlinmas selama ini adalah komponen yang sangat penting dalam membantu tugas-tugas TNI dan Polri untuk turut menjaga stabilitas keamanan.

“Keberadaan Satlinmas memiliki peran yang sangat sentral dalam partisipasinya menjaga keamanan dan ketertiban wilayah desa/kecamatan,” Ungkap Camat.

Sementara Kepala Bidang Linmas Ahmad Rahmani M.Si., Kabupaten Ciamis mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Satlinmas dalam mengantisipasi gangguan keamanan, ketertiban, ketentraman serta perlindungan masyarakat di Kabupaten Ciamis. “Apa yang disampaikan oleh pimpinan tentu menjadi semangat yang memotivasi kami untuk terus mengabdi demi keamanan dan kenyamanan masyarakat,” ungkapnya.

Pembekalan materi yang disampaikan oleh Danramil Haris Diana,S.E., yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat. Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam, yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Kapolsek Rancah AKP Alan Dahlan menyampaikan membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. Fungsi linmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan.

“Untuk menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung linmas,” terang Kapolres.

Melalui pelatihan ini diharapkan satuan linmas di Wilayah Kecamatan Tambaksari akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas tanggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan.”ucap Kapolsek Rancah AKP Alan Dahlan.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter