Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Kades Calingcing Serahkan BLT Dana Desa Tahap Kedua

Reporter : Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap kedua terhadap masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Desa Calingcing Kec.Sukahening Kab.Tasikmalaya kembali diserahkan oleh Kepala Desa (Kades) Calingcing Maman Rustaman S.HI. pada 176 kepala keluarga (KK) senilai Rp 600.000/KK, Selasa (23/06/20).

Penyerahan bantuan tersebut kali ini , yaitu dengan cara Dor To Dor ke setiap warga yang menerima.

Penyerahan BLT secara simbolis ini disaksikan oleh Sekmat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta tokoh masyarakat.

Maman Rustaman S.HI, Kepala Desa Calingcing mengatakan, hari ini dalam teknis pembagian BLT Dana Desa untuk tahap ll secara door to door ke setiap penerima sebanyak 176 kepala keluarga (KK) senilai Rp 600.000. Tidak seperti kemarin yang di panggil KPM nya ke Gor desa, pembagian bantuan yang sekarang langsung ke penerima supaya mengena dan juga lebih transparan, agar seluruh elemen bisa mengawasi apakah itu sampai atau tidaknya,”ucapnya.

Masih menurut Maman untuk alokasi BLT Dana Desa sekitar 30% dari nominal Dana Desa. Selain dari BLT DD Alhamdulillah hampir sekitar 95% Desa Calingcing sudah mendapatkan bansos baik itu dari Pusat, Kabupaten, maupun dari Provinsi,”katanya.

Disinggung mengenai PMK 50 dengan nominal 300 ribu ? Maman mengatakan belum kami sosialisasikan karena takut nya ada perubahan lagi jadi belum di sampaikan ke masyarakat, kami selesaikan dulu penyaluran BLT yang sudah berjalan selama 3 bulan, berharap dan semoga Dana Desa terutama untuk BLT yang di terima masyarakat bisa membantu untuk meringankan beban ekonomi masyarakat,”ujarnya.

Sementara Yayan Supriyadi S.Pd , Sekmat Sukahening menambahkan kami dari Tim Pengawasan Muspika Kecamatan Sukahening, Alhamdulillah hari ini kami ikut mengawal peyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT ) DD Tahap II Desa Calingcing, kepada masyarakat yang terkena dampak Covid 19 yang dilaksanakan secara dor to dor ke 176 KK penerima manfaat,” ucapnya.

Lanjut Yayan, Program BLT merupakan tuntutan masyarakat dalam rangka menyikapi dampak dari Covid 19. Pada hari ini desa Calingcing, yang sebelumnya desa- desa yang berada di wilayah kecamatan Sukahening sudah menyalurkan juga.” Untuk Kecamatan Sukahening secara keseluruhan dari mulai Bansos APBN, APBD Provinsi Jawa Barat, APBD ll yang saat ini di bagikan dari tingkat desa semuanya kondusif dan Alhamdulillah hampir semua masyarakat se Kecamatan Sukahening tidak ada yang komplen sesuai dengan aturan yang berlaku termasuk data – data yang di persiapkan oleh masing masing desa.”Pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter