Fokus Jakarta Sosial

ACT Dan Internusa Jakarta Berikan Bantuan Modal Pada Usaha Kecil

Reporter: Nur Azizah

JAKARTA.FOKUSPRIANGAN.ID – Aksi Cepat Tangga (ACT) bersama Internusa Jakarta membantu pedagang kecil yang pendapatannya berkurang drastis, bahkan hilang akibat COVID-19 dengan memberi bantuan modal melalui program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (SUMI).

Program Sahabat UMI (Usaha Mikro Indonesia) berupa Sedekah Modal Usaha berupa barang ataupun uang dikhususkan bagi pelaku usaha Perempuan pemilik usaha rumahan atau pedagang keliling yang terdampak pandemi Covid-19.

Syarat dan Ketentuan :
1. Calon penerima manfaat yang sudah terdata akan dilakukan proses verifikasi serta seleksi sesuai dengan syarat dan kelayakan yang ACT butuhkan
2. Pihak ACT tidak menjanjikan setiap data responden yang masuk akan otomatis menerima program ini
3. Penerima manfaat yang lolos verifikasi dalam program ini murni merupakan keputusan dan wewenang dari ACT yang tidak bisa diganggu gugat. Adapun kriteria penerima manfaat Program Sahabat UMI adalah sebagai berikut :
Diperuntukan bagi perempuan dari keluarga prasejahtera pelaku usaha skala rumahan atau pedagang keliling
Memiliki usaha yang bisa dijalankan dengan modal dibawah Rp. 1.000.000,-
Pemilik usaha dengan kategori produk siap jual (bukan dropshipper atau barang ada jika ada pesanan)
Pemberian modal usaha tidak mensyaratkan agunan fisik atau hal lainnya.

Penerima manfaat wajib memiliki usaha dan pengalaman berjualan sebelumnya. Bersedia mengikuti segala ketentuan dan proses implementasi program dari lembaga ACT. Tidak dalam proses atau pengajuan modal usaha dari lembaga lainnya
Tidak akan menggunakan dana tambahan modal usaha untuk kebutuhan pribadi (konsumtif) diluar usaha.

” Untuk wilayah Jakarta timur
sejak kemarin di launching Alhamdulillah sudah ada 8 SUMI ( Sahabat Usaha Mikro Indonesia) yang mendapatkan hibah ini.
Insya Allah program ini tidak hanya disaat covid 19 tetapi berkelanjutan mohon doanya saja,”ujar Bang One selaku kepala cabang ACT ke Fokuspriangan.id, Jumat (29/05/20).

Lanjut Bang One, untuk hari ini diwilayah Rw 09 kelurahan Cipinang Besar selatan ada 2 orang penerima modal dari ACT atas nama Ibu Salbiyah warga Rt 012/09 dan ibu Nur sarifah Rt 006/009. Mereka sangat bersyukur kepada Allah karena bisa lebih awal menerima hibah ini karena masih banyak teman temen pedagang lain yang juga membutuhkan bantuan hibah ini,”katanya.

Sementara salahsatu penerima bantuan,” saya mengucapkan Terimakasih juga kepada Ustadzah Azizah dan Ustadz Usman yang sudah mewasilahkan kami dengan ACT hingga kami mendapatkan dana ini, bantuan ini sangat manfaaat ini akan menyambung modal untuk kedepannya,”ujarnya.

Sementara ketua Internusa Jakarta, Ust Usman, menyampaikan, memohon doa kepada para penerima hibah agar program ini terus berjalan lancar dan seluruh jajaran pimpinan staf karyawan tak lupa relawan selalu Allah berikan panjang umur kesehatan dan istiqomah juga amanah dalam jalankan misi kemanusiaan ini,”singkatnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter