Fokus Kab Ciamis Sosial

Budidaya Burung Merpati, Dua Pemuda Ini Mendulang Keuntungan Jutaan Rupiah

Reporter : Gian

KAB CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID – Siapa yang tak tau tentang burung merpati? spesies burung satu ini terbilang cukup terkenal dan tak asing lagi di dengar oleh masyarakat Indonesia.

Masyarakat sekitar memanfaatkan burung merpati untuk mengikuti sebuah pertandingan. Maka tak heran jika banyak yang menginginkan burung ini untuk membudidayakannya.

Seperti yang dilakukan oleh dua remaja ini, Dimas Ninta (21) dan Maulana Hidayatika (24). Dimas adalah anak muda asal Dusun Kalapa Nunggal ll, Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, bersama temannya Maulana sedang fokus mengerjakan budidaya burung berkelas merpati tersebut.

Dimas yang memang adalah pecinta hewan, ia sangat gemar dengan burung merpati ini karena hoby ini ia peroleh merupakan turunan dari ayahnya.

“Ya, saya sekeluarga memang hobi dengan burung merpati, terutama untuk membudidayakannya, karena memang penghasilannya lumayan menjanjikan,” kata Dimas kepada fokuspriangan.id Selasa, (26/5/2020) ditempat penangkarannya.

Dimas mengaku, untuk mengawali budidaya merpati ini ia mengeluarkan modal sebesar 150 ribu rupiah saja. Namun, selang berjalan dua tahun usahanya membuahkan hasil, kini omzetnya dalam sebulan bisa menghasilkan hingga puluhan juta rupiah.

“Awalnya tak menyangka akan seperti ini, namun alhamdulillah buah perjuangan saya berhasil. Karena saya memang serius dalam hal pembudidayaan merpati ini,” ujarnya.

Dimas berfokus kepada merpati-merpati yang memang berbibit unggul. Jadi, merpati yang ia jual melalui online shop dimedia sosial memang merpati yang berkwalitas karena memang Dimas mempunyai indukan-indukan merpati yang sangat bagus.

Onda Ondi Bird Farm adalah nama usaha yang ia geluti, bisa diakses melalui akun instagram miliknya @ondaondi. Bersama rekannya Maulana, Dimas bekerjasama dengan MHR Bird farm yang memiliki toko di lampu merah tonjong Ciamis.

Jenis merpati-merpati yang ia budidaya diantaranya, kolongan dan tomprang. Untuk harga-harga sendiri sangat vatiatif, dari mulai 500ribu rupiah, sampai 10 juta pun ada.

“Jenis usaha ini saya pilih karena memang turun temurun, juga saya sangat mencintai profesi ini. Selain merpati, saya juga gemar menernak kucing, anjing dan jenis hewan peliharaan lainnya,” terangnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter