Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Pemdes Jatijaya Kec.Gunungtanjung Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dari Dana Desa Pada Warganya

Reporter: Ade Joe

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Jatijaya Kecamatan Gunungtanjung Kab.Tasikmalaya menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT dana desa untuk warga terdampak wabah covid-19.

Penyerahan dilakukan langsung oleh pihak pemerintah desa yang bertempat di Aula Desa Jatijaya, Sabtu (23/05/20).

Kepala Desa Jatijaya, Ruswandi. mengatakan, penyaluran BLT diberikan kepada 187 KK, masing-masing penerima mendapat sebesar Rp 600 ribu per bulan dengan penyaluran dilakukan secara bertahap selama tiga bulan.

Sebelum diberikan, kata Ruswandi, sebelumnya dilakukan pendataan dan verifikasi data oleh Pemdes melalui rapat musyawarah desa agar tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan,”ucapnya.

“Bantuan yang kita berikan kepada masyarakat kita disini adalah dari bantuan langsung tunai dana desa”‘BLTDD”‘ program dari DD ini merupakan pada tahapan pertama, dan penyaluran bantuannya tersebut sesuai dengan Mekanisme dan petunjuk teknis (Juknis) baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Lanjut Ruswandi, untuk kemarin (Red Kamis (21/05/20) juga sudah tersalurkan sebanyak 105,KK, dari Kemensos RI, BLT atau Bantuan dari Bupati Tasikmalaya, 457 KK, Bansos dari bantuan Gubernur Provinsi Jawabarat,119 KK, dan Tambahan Non DTKS, 90 KK, dan jejaring sosial lainnya seperti PKH dan BPNT, dan Alhamdulillah hampir 90%, kurang lebih yang menerima bantuan sosial dari jumlah kepala keluarga KK, yang diajukan, dalam pengajuan hasil validasi dan verifikasi BLT dari Dana Desa sebesar 30%, sebanyak 356 KK yang di ajukan yang terakomodir sekitar 187 KK, sesuai mekanisme dan Juknis yang telah di intruksikan oleh pemerintah pusat, sisa nya dari itu, Kepala keluarga yang belum menerima, Insya Alloh semua mendapat bagiannya,”ujarnya.

Alhamdulillah, sudah hampir 90% yang terkena dampak Covid 19 di desa kami, telah menerima bantuan bantuan sosial dari pemerintah baik dari APBN, maupun dari Provinsi, dan APBD Kabupaten, sehingga masyarakat yang Terdampak Covid 19, sedikit nya bisa terbantu, dan sedikit meringankan beban hidup warga,”pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadri langsung oleh Camat Gunungtanjung Edi Ruswandi Hidayatuloh SPd.M.M., yang sekaligus membuka acara.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter