FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Kades Se-Kabupaten Sukabumi Siap Gulirkan BLT dari Dana Desa Tanpa Penyelewengan

PENULIS/REPORTER: RUSDI

FOKUS SUKABUMI. (Fp) – Kepala desa se-kabupaten Sukabumi siap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) dari Dana Desa ( DD ) untuk masyarakat terdamlak Pandemi Pandemi Covid 19 atau virus corona. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris DPC APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Sukabumi, Tutang Setiawan, dalam mediasi bersama pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Sukabumi, di Kantor Dinas Sosial (Dinsos), Selasa (28/4/2020).

Dalam mediasi itu, APDESI meminta agar BLT Dana Desa tersebut dapat diberikan secara tunai dan didukung oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara. “Bantuan dari dana desa BLT tahap pertama siap digulirkan, sasaran sudah dilakukan dan sudah ditetapkan. Kades tinggal penyaluran, kami mohon penyaluran bisa tunai, mengingat ada dua yang diperbolehkan oleh Kementrian Desa, bisa non tunai bisa juga tunai, kami meminta bisa tunai dan diperkuat juga dengan Perbup,” terangnya.

Tutang mengatakan para kepala desa tidak akan menyelewengkan anggaran dana desa sebesar Rp. 600 ribu itu serupiah pun. Bahkan menantang dengan membuatkan fakta intergritas, jika menyelewengkan dapat dituntut secara hukum hingga diberhentikan sebagai kepala desa. “Kami menjamin tidak akan menyelewengan serupiah pun anggaran desa. Jadi silahkan dengan fakta integritas, siap dituntut, mengundurkan diri, dan diberhentikan apabila terbukti kepala desa menyelewengkan sepeser saja BLT. Silahkan LSM, Media dan DPRD juga mengawasi kami,” tegasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, merekomendasikan realokasi bantuan bersumber dari dana desa (DD) untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dapat dilakukan secara tunai oleh masing-masing desa. “BLT itu kita rekomendasikan untuk diberikan tunai, tetapi diperkuat dengan Perbup (peraturan bupati). Nanti kita akan dorong,” ujar Yudha.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter