Fokus Kab Ciamis Sosial

Antisipasi Korban Meninggal Akibat Virus Covid-19 Polres Ciamis Berikan Ilmu Pada Anggota

PENULIS/KONTRIBUTOR: Bayu

FOKUS KAB CIAMIS. (Fp) – Lapangan Apel Mako Polres Ciamis menjadi salah satu tempat bersejarah dimana para anggota Polres Ciamis yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, Forkopimda Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi jenazah yang diduga terpapar positif wabah virus corona.

Hal tersebut dikemas dalam kegiatan Simulasi dan Pelatihan penanganan serta pemulasaraan jenazah korban Virus Corona (Covid-19) bagi anggota Polres Ciamis, Rabu (22/04/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra. S.IK., MH, Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagiyo, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, SH, Anggota Polres Ciamis, Anggota Kodim 0613 Ciamis dan Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.

Dalam arahannya kepada para anggota gabungan,Kapolres Ciamis Dony  Eka mengatakan. “Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali anggota Polres Ciamis ketika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam merawat jenazah yang terpapar virus corona di wilayah hukum Polres Ciamis,” ungkapnya.

Para anggota dibekali dengan ilmu-ilmu tata cara pemulasaraan mayat sesuai dengan protokoler Covid dari mulai evakuasi hingga pemakaman jenazah.

Kemudian kata Dony Eka dalam arahannya, “anggota akan diberi pemahaman terkait menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), sehingga para anggota tidak terpapar wabah virus saat melaksanakan tugas pemulasaraan jenajah,” imbuhnya.

Dirinya menekankan kepada para anggota dan unsur lainnya harus mentaati serta memahami SOP penanganan pemulasaraan jenazah korban virus corona (covid-19).

Seusai kegiatan saat di wawancarai media ini, Dony Eka menuturkan. Dirinya berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut para anggota mampu melaksanakan tugas penanggulangan korban covid-19 di wilayah hukum Polres Ciamis.

“Perlu di informasikan bahwa wilayah hukum Polres Ciamis yang begitu luas, mencakup dua kabupaten yaitu Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran dengan jumlah 37 Kecamatan, dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan terkait korban meninggal karena virus corona tentu harus di siapkan,” jelasnya.

Maka dengan kegiatan simulasi dari mulai penangan pemulasaraan hingga penguburan jenazah yang terjangkit virus Corona, anggotapun di berikan pemahaman untuk mengantisipasi keselamatan diri para anggota agar tidak terpapar virus corona.

“Laksanakan pelatihan dengan sungguh2 sehingga nanti dalam pelaksanaanya dilapangan kita sudah siap,” ujarnya.

Simbolis penyerahan APD kesehatan dari Ketua DPRD Kab. Ciamis H. Nanang Permana SH kepada Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagiyo, Rabu (22/04/2020).

Di tambahkan Dony Eka, anggota yang dilibatkan dalam simulasi terdiri dari Unit Identifikasi, Unit Shabara dan Unit Kesehatan. “Bagi mereka (Anggota Polres Ciamis) yang tidak termasuk dalam peserta pelatihan agar secara seksama memperhatikan sehingga semua para anggota dapat mengetahui SOP penanganannya,” harapnya.

Dalam pantauan media ini, setelah diberikan pengarahan kepada para anggota, dilakukan kegiatan simulasi dengan pelatihan penggunaan APD serta pelatihan dan simulasi pemulasaraan jenazah korban Virus Corona (Covid-19) sesuai dengan SOP dari mulai penanganan TKP korban virus corona, pemulasaraan jenazah sampai tahap akhir yakni pemakaman jenazah.

Simbolis penyerahan APD dari Ketua DPRD Kab. Ciamis H. Nanang Permana, SH kepada Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, Rabu (22/04/2020)

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) secara simbolis dari Ketua DPRD Kabupaten Ciamis kepada Kapolres Ciamis dan Dandim 0613 Ciamis.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter