FOKUS SUKABUMI Sosial

Sukabumi Kembali Digoyang Gempa Berkekuatan 4 Magnitudo

Penulis/Reporter : Rusdi

FOKUS SUKABUMI. (Fp) – Wilayah Sukabumi kembali diguncang gempa tektonik, Senin (20/4/2020) pukul 07.49 WIB, berkekuatan 4 Magnitudo. Episenter gempa terletak pada koordinat 7.81 LS dan 106.9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 99 km Barat Daya Kota Sukabumi pada kedalaman 24 km.

Kepala Stasiun Geofisika Tangerang Suwardi menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi. “Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tegal buleud, Kaliundur II-III MMI.

Bentuknya berupa Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

Hingga pukul 10.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas Gempabumi susulan. Maka masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya. Warga Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Senin pagi (20/4/2020) ini. Tidak sedikit warga disana harus berlari keluar dari rumah saat merasakan goyangan gempa.

Menurut Erwin warga Kampung Cikupa Desa Nangela, getaran gempa dirasakan sekitar 4 sampai 5 detik. “Getarannya dirasakan lumayan besar, membuat kaget bahkan orang orang papda keluar rumah,” jelasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter