FOKUS SUKABUMI Sosial

Akibat Corona Ribuan Buruh di Sukabumi di PHK

FOKUS SUKABUMI. (Fp) – Ribuan buruh di kabupaten dan kota Sukabumi terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau di rumahkan semenjak pandemi virus corona melanda, karena perusahaan lesu terdampak penyebaran virus corona.

Berdasarkan data yang tercatat di Bidang Penempatan Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertanas) Kabupaten Sukabumi, sejak pandemi Covid -19, terdapat tiga perusahaan di wilayah Kabupaten Sukabumi yang telah melakukan PHK kepada para karyawannya, “Saat ini, baru ada sekitar 788 buruh yang dilakukan PHK oleh perusahaannya. Data ini masih dinamis dan dimungkinkan jumlah buruh yang akan di-PHK ini akan bertambah,” jelas Kepala Bidang Penempatan Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertanas) Kabupaten Sukabumi, Agus Ernawan kepada wartawan, Selasa (14/04/20).

Ratusan buruh yang di-PHK ini, mereka merupakan pekerja di sejumlah perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Yakni, PT Muara Tunggal yang bergerak dalam bidang garment di Kecamatan Cibadak dan PT Busana Indah Global (tekstil) Kecamatan Cibadak dan PT Caldera, Kecamatan Cikidang begerak di bidang arung jeram dan adventure. “Ratusan buruh ini, telah di-PHK karena pihak perusahaannya tidak bisa beraktivitas maksimal akibat imbas dari mewabahnya Covid 19,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi jumlah penganguran, maka ratusan buruh yang di-PHK akibat imbas dari Covid 19, mereka akan diberikan program padat karya dari pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi. Seperti program memberikan kerja kepada ratusan buruh yang di-PHK itu. “Rencananya, mereka akan diberikan kegiatan berupa permberdayaan masyarakat yang mengutamakan penyerapan banyak tenaga kerja untuk melesaikan suatu pekerjaan tertentu,” ujarnya.

Para buruh yang di-PHK ini, ucap Agus, selain akan diberikan program padat karya produktif, mereka juga akan diberikan bantuan padat karya produktif. Seperti usaha di sektor pertanian, pangan, peternakan, perikanan, holtikultura dan sektor industri. “Seperti bekerja di bidang pertanian jagung, cabai, peternakan sapi, ayam dan budidaya ikan lele, patin serta pembuatan batu bata dan pembuatan keramik,” ungkapnya.

Jurnalis : Rusdi

About the author

redaksi

Add Comment

Click here to post a comment