Akibat Curah Hujan Tinggi Jalan Yang Menghubungkan Dua Kampung Alami Amblas

Fokus Kab Tasik Sosial

FOKUS KAB TASIK. (Fp) – Akibat Intensitas curah hujan cukup tinggi Jalan yang menghubungkan dua kampung antara Kp Cimandar dan Kp.Sindangsetra Kec.Cineam Kab.Tasikmalaya mengalami amblas, membuat jalan tersebut putus total.

Menurut keterangan Kepala UPTD PU Korwil Manonjaya, Dadan Bahtiar ST, akibat longsoran tersebut mengakibatkan akses Jalan yang menghubungkan dua kampung tersebut mengalami terputus, Jalan tersebut merupakan jalan utama penghubung antara Kab Tasikmalaya dengan kab Pangandaran, kejadian tersebut pada hari Sabtu (11/04/20) malam,”ucapnya.

Lanjut Dadan, jalan yang amblas itu sepanjang 15 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 14 meter, material longsoran juga berimbas pada area pertanian warga,

Sebelum terjadinya longsor, di Kp Cimandar sudah terjadi retak retak/pergeseran tanah akibat rembesan air hujan, UPTD PU mengetahui akan hal itu memantau ke lokasi, pada (Kamis 19 Maret 20 red), saat itu belum ada gejala lebar retakan, dari hasil pantauan dan laporan Tim retakan di Kp Cimandar pada (Minggu 05/04/20 red), bertambah retakan nya, mengetahui akan hal itu pihak UPTD dan BPBD pantau langsung kelokasi,”katanya.

Puncaknya akibat hujan lebat pada Sabtu malam Kp Sindangsetra longsor akibatkan jalan putus to tal,yang memiliki kendara an Roda empat sempat terisolir,tidak bisa keluar dan yang dari luar tidak dapat melintas jalan Ter sebut.

Dadan,menambahkan, dari pihak UPTD PU Korwil Manonjaya sudah mengambil langkah mengajukan ke Dinas PUPR Kab Tasikmalaya, untuk segera ada penanganan,

Kami dari pihak UPTD dan pemdes Cisarua bergotongroyong bersama warga buat jalan agar motor bisa masuk/melintas, dijalan yang terputus akibat longsor, warga sekitar berinisiatif melaksanakan piket/jaga malam bergilir, malam dan siang guna kendaraan motor yang melintas di jalan tersebut bisa terbantu dan di pandu,”pungkasnya.

Sementara Kades Cisarua Wawan.RH. menuturkan, diantara beberapa pihak telah melakukan mengambil langkah, dengan koordinasi termasuk dengan pihak kecamatan, UPTD dan BPBD kab Tasikmalaya, untuk tindak lanjut penanganan Bencana longsor ini,”katanya.

Wawan, menjelaskan, memang kejadian tersebut sejak dua minggu yang lalu dengan kondisi jalan sudah retak retak (ada retakan), kemudian di Sabtu malam curah hujan cukup tinggi/lebat didesa kami, membuat tanah tidak kuat menahan beban, akhiranya tanah tersebut longsor,”ujarnya.

Kades pun membuat papan informasi yang mengumumkan bagi pengguna kendaraan bermotor bahwa didepanya terdapat lintasan jalan terputus, sedangkan bagi warga Dusun Cimandar desa Cisarua kec Cineam sendiri terpaksa harus melintas via wilayah kec.Karangjaya bila berniat menuju kota Cineam,”pungkasnya.

Jurnalis : Ade Joe