Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemerintah Kec.Jamanis Terus Laksanakan Sosialisasi Kepada Rt Dan Rw

FOKUS KAB TASIK. (Fp) – Pemerintah Kecamatan Jamanis terus tak henti hentinya melaksanakan sosialisasi tentang pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, kepada para Rt dan Rw yang ada ada di wilayah Kec.Jamanis, yang mana sebelum nya pihak Kec.Jamanis memberikan sosialisasi kepada dua desa di antaranya, Desa Karangsambung, Desa Condong, kali ini pihak kec.Jamanis memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada para Rt dan Rw yang ada di desa Karang resik, acara tersebut dilaksanakan bertempat di GOR Desa Karangresik, Rabu (08/04/20).

Winardi Hidayat ,S.Ip, M.Si, Camat Jamanis, usai acara menjelaskan kegiatan ini dalam rangka pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah kecamatan Jamanis, kami Muspika Kecamatan Jamanis melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada para RT/RW di setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Jamanis. Baru 3 desa yg baru kami kunjungi yaitu hari senin Desa condong, hari selasa Desa karangsembung dan hari ini kami malaksanakan di desa Karangresik,”ucapnya.

Masih dikatakan Winardi dalam sosialisasi dan pembinaan tersebut kami menyampaikan kepada para RT/RW, bahwa perkembangan penyebaran dan penularan virus corona sesuai data nasional semakin menghawatirkan Walaupun di kabupaten Tasikmalaya termasuk di wilayah Kecamatan Jamanis sampai saat ini belum menunjukan adanya warga yang positif terkena virus corona, tetapi tentunya kita tetap harus terus melakukan pencegahan supaya tidak adanya penyebaran virus corona, termasuk kita juga harus mempersiapkan apabila terjadi wabah penyebaran di suatu wilayah,”kata Winardi.

“Sebagai mana kita ketahui bahwa saat ini terjadi mudik (pulang kampung), besar- besaran akibat di berlakukan nya “keadaan darurat kesehatan” karena penyabaran virus corana sehingga kemungkinan besar indikasi penyebaran virus corona ke kampung- kampung halaman yang menjadi tujuannya itu akan menyebar.
Atas dasar itu, makanya Muspika kecamatan Jamanis melakukan langkah-langkah antisipasi pencegahan dan penanganan dengan mensinergikan antara kecamatan dan pihak Pemerintahan Desa sampai RT/RW. Dalam hal ini RT/RW harus menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi penyebaran virus corona terutama lebih mengawasi dan mengambil langkah langkah terutama apabila ada warga pendatang atau mudik ke daerahnya masing -masing dengan cara:
1. Mendata setiap warga yang datang dari luar kota baik karena bepergian atau pun karena mudik.
2. Menghimbau dan
mensosialisasikan kepada warga yang datang(sesuai no 1) agar melakukan karantina mandiri selama 14 hari ( tidak keluar rumah)
3. Apabila selama 14 hari karantina mandiri di rumah ada keluhan segera hubungi “sigesit 119″ untuk konsultasi, penanganan dan pemantauan awal oleh dokter melalui telepon 119.
4. Apabila di perlukan segera koordinasi dengan Kepala Desa untuk di lakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan nya terutama di rumah yang ada warganya yang mudik.
5. Menghimbau kepada warga di lingkungan ke RTan nya masing masing agar :
a.Berprilaku hidup sehat dan bersih terutama cuci tangan setiap keluar dan masuk rumah.
b. Selalu memakai masker apabila keluar rumah.
c. Jaga jarak apabila berkomunikasi dengan orang lain .
d. Hindari kerumunan.
e. Berjemur diri di pagi hari minimal 15 menit di antara jam 08.00 s/d 10.00.

Dalam acara sosialisasi dan pembinaan tersebut kami juga menyampaikan dan mengamanatkan kepada Kepala Desa agar segera dapat menganggarkan dalam APBDes nya dalam rangka pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona ini melalui jenis belanja tak terduga (BTT), karena sesuai intruksi Presiden bahwa Dana Desa (DD)dapat di gunakan untuk keadaan darurat kesehatan dengan di sesuaikan kebutuhan untuk digunakan dalam pencegahan dan penanganan virus corona, termasuk juga menganggarkan untuk apabila terjadi bencana/ wabah lain selain virus corona. Maka dengan telah menganggarkan tersebut, kepala desa segera membeli dan menyiapkan alat alat untuk kebutuhan pencegahan dan pelindung diri agar warga masyarakat dapat terlindungi dari penyebaran virus corona,” terang Winardi Hidayat Camat Jamanis.

Lanjut Winardi selain itu juga kami memberikan sosialisasi tentang tidak adanya penolakan oleh warga apabila ada warganya yang meninggal karena terjangkit virus corona,” Kita berharap dan berdoa semoga wabah corona ini cepat berlalu,”pungkas Camat.

Jurnalis : Anton

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter