Fokus Kab Tasik Pemerintahan

Tangani Covid-19 Pemdes Sundakerta Bentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Tingkat RT

FOKUS KAB TASIK.( Fp) – Berbagai cara di lakukan dalam hal pencegahan wabah virus corona ( Covid 19) dari mulai tingkat pemerintah Pusat, Pemerintah Kota / kabupaten, dan Pemerintah kelurahan /Desa.

Seperti halnya di Desa Sundakerta, Kecamatan Sukahening, kabupaten Tasikmalaya, telah membentuk tingkat Desa Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 dan tingkat RT Tim Gerak Cepat covid 19, dengan motto ‘ Mari Kita Bersatu Antara Pemerintah Lembaga Tokoh Masyarakat, dalam Memberantas Penyebaran Mata Rantai Virus Covid 19.

Anton Raksadiwangsa kepala desa Sundakerta di temui dikantornya Jum’at ( 3/4/20), menjelaskan sesuai intruksi dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, di wajibkan untuk membuat Tim Gugus Tugas tingkat desa, di bentuk tidak lain untuk melakukan upaya pencegahan peyebaran Covid 19,”terangnya.

Masih menurut Anton untuk di wilayah desa Sundakerta dalam pencegahan virus corona memberikan himbauan – himbauan tidak sampai disitu, kita juga malakukan juga langkah- langkah yang kongkrit diantaranya, penyemprotan disinpektan kemudian di karenakan desa Sundakerta bagian dari wilayah ‘urbanisasi ‘, yang masyarakatannya banyak bekerja di luar daerah, dalam penaganan pencegahan / antisipasi dalam peyebaran wabah virus corona kami buat lah posko Gugus Tugas,”katanya.

Selanjutnya selama kepulangan warga masyarakat dari luar kota berjumlah 132 sampai saat ini, di catat sebagai data kemudian secara langsung mendata kesehatannya, kalau ada keluhan atau tidak, seandainya ada keluhan kita rujuk langsung ke pihak puskesmas. Lalu melakukan penyemprotan melalui tubuh di sisi lain hal tersebut ada beberapa poksi kekhawatiran akan adanya terjadinya dampak akan terjadinya iritasi dll,”ucapnya.

Lanjut Anton untuk bahan disinpektan kami berbeda menggunakan bahan rempah- rempah tradisional seperti daun seureuh/sirih dan daun sereh.
Setelah didata warga masyarakat yang pulang dari luar kota di karantina selama 14 hari dan untuk intens dalam pemantau kami tidak lanjuti dengan membentuk Tim Gerak Cepat (TGC), di tingkat RT, tugas pungsinya tiada lain untuk memberikan edaran-edaran maupun himbauan dari pemerintah melalui pemerintah desa, kemudian memperhatikan sejauh mana perkempangan, karena kami sudah memberikan Questioner isian dari mulai perkembangan selama karantina selama 14 hari, di Questioner tersebut dari mulai kadatangan, kota asal dan di tulis dari mulai ke satu sampai ke empat belas. Dalam isiin di Questioner tersebut di lakukan oleh pihak keluarga orang yang dikarantina, di berikan masker, kemudian di berikan selembaran atau pun himbauan terkait cara menangani apabila terjadi keluhan keluhan tersebut,”pungkasnya.

Jurnalis : Anton

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter