Fokus Cilegon Pemerintahan Seni dan Budaya Sosial

Video: Dengan Pemanfaatan Toga Kec.Citangkil Gelar Pembinaan Asahan Mandiri

FOKUS CILEGON. (Fp) – Pembinaan asuhan mandiri (Asman) dengan pemanfaatan TOGA. Pembinaan dilakukan secara berjenjang dari tingkat pusat sampai Kelurahan bersama dengan mitra sesuai peran, tugas dan fungsi masing-masing, acara penilaian di lakukan di Kelurahan Citangkil Kecamatan Citangkil Kota Cilegon. Senin (16/03/2020)
Tonton Videonya:

Kegiatan berlangsung di Aula Kelurahan Citangkil, dan turut hadir Camat Citangkil, Lurah Citangkil, Dinkes, ibu-ibu PKK, Bhanbinkatibmas, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Lurah Citangkil Feberwanto, menyampaikan bahwa saat ini banyak tanaman yang dimaanfaatkan menjadi Toga, sehingga perlu di bentuk kelompok – kelompok Toga di masyarakat, dengan tujuan mewadahi pemanfaatan kesehatan masyarakat. Diharapakan dapat mengajak masyarakat untuk menerapakan obat tradisional yang aman, serta mewujudkan masyarakat yg sehat, maju dan tentram, dalam hal ini selalu mengevaluasi dan memonitoring klompok Toga di lingkungan Kelurahan Citangkil Kota Cilegon.

“Dalam penilaian asman toga yang diutamakan bukan banyaknya tanaman tetapi pemanfaatannya di masyarakat, karena sekarang ini biaya obat tinggi jadi bagaimana caranya mencegah supaya tidak sakit” ucapnya Feberwanto Lurah Citangkil.

Pengembangan Asman, penilaian terhadap dinas kesehatan terkait pengobatan-pengobatan tradisional, Kepala Puskesmas, Lurah, Camat, PKK, Kader serta keluarga binaan dalam memanfaatkan toga.

Pengembangan pemanfaatan toga dan akupressure ini tidak berhenti setelah penilaian, namun dapat dikembangkan lebih lanjut untuk dapat dirasakan manfaatnya untuk kesehatan, lingkungan dan ekonomi bagi warga lingkungan Kelurahan Citangkil khususnya dan umumnya Kota Cilegon.

Camat Citangkil pun menambahkan “Warga masyarakat tidak akan rugi jika di rumahnya memiliki berbagai jenis Toga. Sebab, tanaman tersebut akan bisa menambah pemasukan ekonomi keluarga jika pandai meraciknya menjadi minuman kesehatan tradisional,” tutupnya Camat Citangkil Agus.

Jurnalis : Aan.SGT

Berita Populer

Flag Counter

Info Covid-19


TOTAL POSITIF

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

ORANG

Sembuh

TOTAL MENINGGAL

ORANG

Meninggal

INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia

Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :
Flag Counter