FOKUS SUKABUMI Sosial

Puting Beliung Porak Porandakan Kampung-kampung di Jampangtengah

FOKUS SUKABUMI. (Fp) – Sebanyak 88 rumah di Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, porak poranda setelah diterjang angin puting beliung, Kamis (23/01/20). Meski tak ada korban jiwa, namun akibat bencana ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, akibat bencana ini, 88 unit rumah rusak ringan, satu unit mushola rusak ringan, satu unit Madrasah Diniyah (MD) rusak ringan, satu unit pos ronda rusak berat.

“88 rumah yang mengalami rusak ringan akibat disapu puting beliung ini, di isi oleh 90 kepala keluarga dari jumlah jiwa sebanyak 278 jiwa,” jelas Daeng kepada wartawan.

Akibat bencana tersebut, saat ini ada sebagian warga yang masih tetap bertahan di rumahnya. Namun, bagi rumahnya yang belum selesai diperbaiki, mereka lebih memilih tinggal di rumah saudara terdekatnya.

“Dari puluhan rumah yang terdampak, belum semuanya di perbaiki. Iya, karena waktunya sangat sedikit dan menjelang malam. Insya Allah mungkin besok (hari ini. red) perbaikan rumah itu akan kembali dilakukan dengan gotong royong warga dan pemerintah setempat,” jelasnya.

Sekretaris Desa Cijulang, Indra Rusdiana mengatakan, bencana alam yang terjadi telah menyebabkan puluhan rumah di lima kampung yang ada wilayah Desa Cijulang mengalami kerusakan. Puluhan rumah itu, berada di Kampung Cibogo, RT 23/7, Kampung Cibogo, RT 22/7, Kampung Citerep, RT 20/5, Kampung Karantina, RT 19/5 dan Kampung Cikopi, RT 24/7. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja rumah warga banyak yang mengalami kerusakan,” jelasnya.

Jurnalis : Rusdi

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter