Kucuran Anggaran Pilkades di Kab.Cianjur 2020-2026 Telan Biaya 11 Milyar

Fokus Cianjur Pemerintahan

FOKUS CIANJUR. (Fp) – Kucuran anggaran atau biaya pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Cianjur 2020-2026 mencapai angka sekitar Rp.11 miliar, informasi tersebut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa (DPMPD). Rabu (22/01/20).

Kepala Dinas (Kadis) DPMPD Kabupaten Cianjur Ahmad Danial menerangkan, anggaran bantuan mencapai itu sekitar Rp.10,8 miliar sampai Rp.10,9 miliar.

“Angka tersebut itu diperuntukkan bagi semua panitia Pilkades dengan ketentuan semua penyelenggara desa yang melaksanakan. Angka tersebut tidak dipukul rata kepada 248 desa yang melaksanakan pilkades,” terangnya.

Lanjut Ahmad Daniel, Pilkades diberi alokasi dasar Rp.20 ribu, semua kemudian ditambah dengan jumlah DPT kali Rp 5 ribu,
Jadi semua desa pastinya pasti berbeda-beda, tergantung suaranya. Itu masing-masing tergantung jumlah hak pilih,” ujar Danial.

Melihat dari tahun- tahun sebelumnya, Kadis BPMPD Kabupaten Cianjur menyampaikan, Pilkades sebelumnya tidak ada alokasi dasar dulu. Jadi kalau tahun sebelumnya itu Rp 5.000 kali jumlah DPT, seperti itu dan tidak boleh lebih dari Rp.50 juta.

”Kalau tahun yang lalu sebelumnya, kalau sekarang tidak dibatasi berapa jumlah DPT kali Rp 5.000 ditambah yang 20 juta,” ujar Danial saat ditemui awak media di ruang kerjanya.

Sambungnya, satu untuk kartu suara, dan perlengkapan yang lainnya tentunya yang amplop yang lainnya. Kemudian untuk pembuatan TPS, dan termasuk untuk persiapan pelantikan.

“Nanti kalau pengaturan itu tentu panitia desa ini berapa-berapanya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing ada di desa,” tegasnya.

Masih menambahkan, semakin banyak TPS di desa yang menyelenggarakan Pilkades 2020, maka secara otomatis semakin banyak juga anggaran yang dikucurkan.

Jurnalis : Tomi