Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Mengevaluasi Kinerja Jajaran Muspika Manonjaya Gelar Lokakarya Mini

FOKUS KAB TASIK. (Fp) – Bertempat di aula kantor Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, digelar pelaksanaan Lokakarya mini Triwulan yang digagas oleh UPT kesehatan Puskesmas kec Manonjaya. Acara tersebut Rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, dengan maksud dan tujuan membahas atau mengevaluasi kinerja jajaran Muspika, Kamis (02/01/20).

Dalam kesempatan itu tampak hadir, Camat, Kapolsek Manonjaya, Koramil Manonjaya, para kepala desa,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, UPT Pendidikan, KUA, koordinator KB kecamatan, para RT, RW, Punduh, Kader PKK, serta Organisasi kepemudaan/Karangtaruna.

Camat Manonjaya Drs Bangbang Suryana, dalam sambutannya menyampaikan, Lokakarya mini Triwulan ini yang setiap tiga bulan sekali di laksanakan untuk di beritahukan ke publik kinerja atau peran aktif lintas sektor yang ada di wilayah kecamatan Manonjaya, kegiatan ini sudah menjadi baku progres Muspika Manonjaya, semenjak ditempatkannya sebagai Camat diwilayah kecamatan Manonjaya,”ucapnya.

Alhamdulillah dengan keterbatasan waktu bisa dihadiri, baru baru ini tepatnya jelang Tahun baru, kita bisa berkumpul bersama menggelar Do”a dan Syukuran dan membahas tentang semua program, seperti hal nya hari ini kita akan membahas tentang program kesehatan (Promkes) yang nanti akan di sampaikan oleh Kepala UPTD Puskesmas Manonjaya,”ujarnya.

Lanjut Camat, Alhamdulilah kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar itu semua berkat dukungan dari semua yang hadir, pungkasnya.

Sementara Hj.R.Siti Aminah S.TT.Keb, selaku penanggung jawab UKM memberikan materi memberikan informasi, tentang evaluasi, supervisi, inovatif, partisipatif dari program kesehatan/promkes, untuk melaksanakan pemantauan, pelaksanaan, orientasi, penyegaran, survei, penyuluhan, inspeksi sanitasi rumah sehat, tempat umum. Kesling”‘Tempat pengolahan makanan, sarana air bersih, serta pelaksanaan program. Tentang Gizi”‘Distribusi, pemantauan sasaran, surveilans, gizi buruk, ibu hamil, pemberian tablet, pendataan, penemuan kasus. P2P.HIV/Aids dan IMS. P2P, penyuluhan P2P, kusta, Diare, DBD, kecacingan, PTN, imunisasi.UKS, pembinaan, penyaringan, pemeriksaan, penyuluhan, pelayanan kesehatan lansia dan Indra, kesorga,dan Battra, serta sosialisasi dan orientasi.

Di tempat yang sama Kepala puskesmas Manonjaya, H.ijang menyampaikan, Perlu diketahui bahwa pelayanan Jamkesda tahun 2019, sesuai surat edaran Sekretaris daerah kabupaten Tasikmalaya. Nomor.P/447/408/Diskes/IV/2019. Tentang, Integrasi Jamkesda ke JKN-KIS. Maka mulai tanggal 1 Juni 2019 sudah tidak ada lagi jaminan Jamkesda ke rumahsakit, anggaran Jamkesda di pergunakan untuk mengintegrasikan peserta Jamkesda ke BPJS Kesehatan, sesuai alur integrasi Jamkesda,”ucap Ijang.

Jurnalis : Ade Joe

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter