Bawa Sebilah Cerulit Seorang Pemuda Diamankan Polisi Di Kota Sukabumi

FOKUS SUKABUMI Hukum dan Kriminal Sosial

Teks Photo: Kapolres Saat Giat KRYD, Mengamankan Seorang Pemuda Yang Bawa Sajam

Reporter : Eka Lesmana

SUKABUMI.FOKUSPRISNGAN.ID – Tim Patroli Presisi Polres Sukabumi Kota mengamankan MINI (24 tahun) karena kedapatan membawa Cerulit berukuran 23 CM yang disembunyikan dibalik baju di kawasan terminal lama Sukabumi, Jalan Sudirman Warudoyong Kota Sukabumi, Sabtu (6/7/2024) malam.

Selain mengamankan Pemuda asal Kampung Cigadog Pasirhalang Sukaraja Sukabumi tersebut, Polisi juga mengamankan 3 unit sepeda motor ke Mapolres Sukabumi Kota.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo melalui Kasi Humas, Iptu Astuti Setyaningsih mengatakan, terduga pelaku diamankan di tengah KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan) akhir pekan Polres Sukabumi Kota.

“Memang betul, tadi malam sekitar pukul 22.30 WIB, tim patroli KRYD Polres Sukabumi Kota mengamankan seorang pemuda yang diduga memiliki dan menyembunyikan senjata tajam jenis Cerulit berukuran 23 CM dibalik baju di kawasan terminal lama Sukabumi, Jalan Sudirman Benteng Warudoyong,” kata Astuti Setyaningsih kepada awak media, Minggu (7/7/2024).

“Selain itu, kami juga mengamankan 3 unit sepeda motor. Salah satunya milik terduga pelaku, sedangkan 2 unit sepeda motor lainnya diamankan karena pemilik tidak dapat memperlihatkan bukti kepemilikan sepeda motor,” bebernya.

Astuti menerangkan, terduga pelaku diamankan saat nongkrong bersama teman-temannya di kawasan terminal lama Sukabumi.

“Jadi terduga pelaku ini diamankan saat tim KRYD melakukan patroli dan melihat sekelompok pemuda yang nongkrong di sekitar terminal lama. Karena curiga, tim KRYD akhirnya melakukan pemeriksaan terhadap sekelompok pemuda tersebut dan mengamankan seorang pemuda yang kedapatan memiliki senjata tajam jenis Cerulit berukuran 23 CM bergagang kayu yang dililit tali berwarna hitam,” terang Astuti.

“Saat ini terduga pelaku masih diamankan untuk menjalani proses pemeriksaan. Terhadap terduga pelaku kami menerapkan pasal 2 Undang-undang Darurat Republik Indonesia nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukum pidana paling lama 10 tahun,” tegasnya.

Ia juga menyebut, KRYD akhir pekan yang rutin dilaksanakan pihaknya tersebut berhasil mengamankan belasan botol minuman keras berbagai merk dari salah satu warung jamu.

“Selain mengamankan oknum pemuda yang membawa senjata tajam, Patroli KRYD akhir pekan juga mengamankan 15 botol minuman beralkohol berbagai merk. 2 botol diamankan saat melakukan pemeriksaan terhadap sekelompok pemuda yang salah satunya kedapatan membawa senjata tajam, sedangkan 13 botol minuman beralkohol lainnya diamankan dari beberapa warung jamu di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” sebut Astuti.

“Kami dari pihak Kepolisian juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan hal yang sama, membawa senjata tajam bukan pada tempat atau peruntukannya, menghindari minuman beralkohol dan narkoba serta bisa menjaga kondusifitas kamtibmas di lingkungannya masing-masing. Bila ada yang melihat atau mengetahui adanya gangguan kamtibmas bisa langsung melaporkannya kepada kami melalui call center 110 atau Lapor Pak Polisi-SIAP MAS di 0811654110.” pungkasnya.