Unigal Ciamis Melalui DKM Raudiatul Muttaqin di Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H Potong 8 Ekor Sapi dan 6 Ekor Kambing Kurban

Fokus Kab Ciamis Sosial

Pewarta: Nadia FA.Saragih

KAB.CIAMIS | FOKUSPRIANGAN.ID – Universitas Galuh Ciamis melalui DKM Raudlatul Muttaqin bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah, melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing, Kamis (20/06/24).

Ketua DKM mesjid, yang juga merupakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Galuh Ciamis Dr. H Enju Juanda S,H.M,H mengungkapkan, bahwa pada tahun ini jumlah hewan kurban Universitas Galuh total mencapai 14 ekor.

“Jadi dari 14 ekor terdiri dari sejumlah 8 ekor sapi, dan 6 ekor kambing ini , diamanahkan kepada Dewan Kemakmuran mesjid (DKM- Raudlatul Muttaqin) yang Insyaallah kita akan Mendistribusikan kepada para mustahik yang berhak, untuk 3 desa dan 1 kelurahan yang lokasi secara geografis nya berdekatan dengan kampus universitas Galuh,” kata H Enju Juanda kepada FokusPriangan.id.

Ia menyebut desanya yaitu Desa Baregbeg, Desa Sukamaju, Desa Mekarjaya, dan Kelurahan Maleber.

Sementara itu, Enju berucap, bahwa hewan kurban tersebut di antaranya berasal dari Yayasan Universitas Galuh, Rektorat, FKIP, FH, FE, FISIP, Pasca Sarjana, serta dari gabungan ( LPPM, BKIK, BPMI, FAPERTA ), FIKES, KPDI, UPT Perpustakaan, dan Fakultas Teknik.

Ia juga melaporkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini dimulai pukul setengah tujuh pagi,dan setelah itu dilanjutkan adanya penyerahan secara simbolis dari rektor dan ketua Yayasan Universitas Galuh Ciamis. “Pemilihan lokasi pemotongan pun di halaman belakang tepatnya di dekat lapang tenis, supaya ruang terbuka dan tidak menimbulkan pencemaran,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, Enju menuturkan, bahwa diestimasikan sebanyak 1418 Ganting yang akan didistribusikan. “Untuk penyembelihan hewan kurban pun dilakukan oleh 5 kelompok jagal yang telah memenuhi sertifikasi, yakni Juleha (Juru Sembelih Halal),” kata Enju.

Sementara itu, Rektor Unigal Prof. Dr. Dadi Msi mengucapkan terimakasih serta apresiasi kepada panitia pelaksana yakni DKM serta seluruh pihak yang terlibat.
“Semoga pelaksanaan kurban ini mendapat barokah dan rahmat dari Allah Subhanahuwataala,” ujarnya berharap.

Ia meyakini, dengan kunci ikhlas dalam upaya menyisihkan rezeki yang sudah diperoleh selama satu tahun sekaligus menyucikan diri dan berbagi kepada sesama.

Rektor juga berharap, dengan pembagian secara merata di Unigal dan di sekitar kampus. “Semoga kebermanfaatan dan keberadaan unigal turut dirasakan masyarakat sekitar,” kata Dadi.

Ketua yayasan universitas Galuh Ciamis Dr. Hj Pupung M,Kes juga berpesan agar dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kedepannya supaya lebih baik, sebagai bentuk kepeduli sosial Unigal dapat berkontribusi untuk masyarakat sekitar kampus Unigal dan juga skala lebih luas.

“Mudah-mudahan dengan pembelajaran yang bisa kita petik dari nabi Ibrahim A.s dapat kita tanamkan, tentunya Allah SWT melatih kita untuk Loyalitas tanpa batas dan menjadi pribadi yang Ikhlas, Semoga segala bentuk kebaikan yang ada di Universitas Galuh Ciamis selalu bisa ditegakkan dan di dukung oleh semua pihak, sehingga semua rencana bisa terlaksana dengan baik,” tandas Pupung.