Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah melalui Bulan Sadar Pajak di Subang

Fokus Subang Sosial

Pewarta: Feri Bejho

KAB.SUBANG | FOKUSPRIANGAN.ID – Mengawali dimulainya bulan sadar pajak daerah 2024, Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Subang, atau yang lebih dikenal dengan Samsat Subang, menggelar kickoff ceremony pada 3 Juni 2024 yang diikuti oleh stakeholder Samsat.

Pada acara tersebut, Kepala P3DW Subang, Lovita Adriana Rosa mengatakan bahwa optimalisasi penerimaan Pajak Daerah Provinsi Tahun 2024 menghadapi beberapa kendala atau tantangan diantaranya adalah deviasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada periode yang sama antara tahun 2023 dan 2024.

Kondisi tersebut dibuktikan dengan beberapa permasalahan faktual seperti masih tingginya angka Kendaraan yang Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dan Kendaraan yang Belum Melakukan Daftar Ulang (KBMDU), sehingga menggambarkan proporsi keterpungutan dari potensi terdaftar kurang dari 60%.

“Berangkat dari hal tersebut, perlu dilakukan upaya optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah melalui peningkatan ketaatan wajib pajak melalui berbagai pendekatan, yaitu Peningkatan literasi perpajakan dan Upaya penindakan untuk menumbuhkan awarness pada wajib pajak,” jelas Lovita.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Samsat Subang di bulan sadar pajak daerah diantaranya Samsat Goes to Campus, Samsat goes to office, kejar kendaraan yang tidak mendaftar ulang melalui pemberdayaan petugas penelusur, dan operasi pemeriksaan pajak serta literasi Samsat Digital.

Di kesempatan awal kegiatan, Samsat Subang membagi-bagikan telor dan souvenir juga hadiah bagi wajib pajak kendaraan yang membayar pajak tepat waktu dan bonus bagi wajib pajak yang membayar melalui kanal digital.
“Kami berusaha mempermudah dan mendekatkan layanan pembayaran pajak agar masyarakat tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Pajak yang dibayarkan masyarakat akan kembali lagi kepada masyarakat seperti peningkatan jalan, fasilitas umum, pariwisata dan pendidikan. Ayo membayar pajak tepat waktu karena pajakmu untuk Jawa baratmu,” pungkas Lovita.