Warga Kampung Cibuntu Kerja Bakti Bangun Jalan Pemakaman Umum TPA Cibongas Pancatengah

Fokus Kab Tasik Sosial

Pewarta: U .Yanto

KAB.TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Warga Kedusunan Cibuntu RT 018 RW 007 bergotong royong membangun jalan menuju ke pemakaman yang berada di lokasi pemakaman umum TPA Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Menurut Azis salah seorang warga mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti sudah rutin disetiap hari Sabtu. “Kebetulan hari ini warga kampung Cibuntu ingin punya jalan dari jalan utama menuju ke pemakaman umum kita, kira ada 500 M dan Alhamdulillah warga disini kompak membawa parabot atau alat seadanya,” kata Azis kepada FokusPriangan. Sabtu (01/06/24).

Sementara, untuk pembangunan pembukaan jalan baru dengan ukuran satu meter, dan kebetulan jalan menuju makam masih tanah, masih jalan setapak jadi warga punya inisiatif bikin jalan baru. “Dari mulai persiapan bersihkan rumput karena ini masih tanah terus pembentukan jalan, dengan cara di ukur pake tali rapia dari jalan raya sampai ke pemakaman di ukur agar jalan nya lurus tujuannya begitu,” ujarnya.

Lanjut Azis, setelah diukur baru di bersihin diratakan pakai cangkul, jadi intinya sebagian warga cari batu putih dan sebagian lagi beresin jalan pakai batu putih. “Secara dibalas agar rata jalanya dan bisa dinikmati atau dilewati oleh para penjarah memang jalan untuk menuju makam ini, yang utamanya sudah ada,” jelasnya.

Azis mengatakan cuma ini untuk jalan pintasan menuju pemakaman agar tidak memutar jalannya.

Ia mengungkapkan, begitu karena pemakaman ini luas sekali dan juga merasa nyaman untuk ber jarah ke pemakaman umum ini. “Saya berharap setelah di bangun jalan ini ya dari pihak pemerintah bisa di cor agar lebih nyaman perjalanan nya,” tandasnya.