HUT Kodam III Siliwangi ke 78 dan HUT Bhayangkara 78 Tahun 2024 Gelar Khitanan Massal

Fokus Kab Tasik Sosial

Pewarta: Wawan

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi yang ke-78 dan HUT Bhayangkara ke-78 1100 anak di Kota & Kabupaten Tasikmalaya ikuti khitanan massal gratis.

Selain HUT Kodam dan Bhayangkara kegiatan khitanan massal ini bentuk syukur anak Pengusaha Tasikmalaya di Komplek Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2024).

“Ini khitanan massal dalam rangka HUT Kodam 3 Siliwangi ke-78 tahun, dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78 serta syukuran khitan anak Pengusaha.”Ucap AKBP Bayu Catur Prabowo, Kapolres Tasikmalaya, Sabtu (1/6/2024).

Kemudian, peserta khitanan ini berasal dari seluruh Kecamatan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Garut. Mereka sejak Pukul 02.00 WIB sudah mendatangi lokasi dan pesertanya mulai Balita hingga anak-anak.

“Pesertanya ini dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, malahan ada juga dari Pangandaran dan Garut, total ada 1100 peserta khitanan massal. Tadi saya cek ternyata masih ada yang usianya satu setengah bulan saja.”Ujar Bayu.

Sementara, khitanan massal diwarnai jerit tangis peserta. Bahkan, orang tua turut meneteskan air mata saat khitanan berlangsung.

Banyak peserta yang menolak dikhitan hingga harus di pegang orang tuanya. Mereka bergantian dikhitan oleh 80 orang petugas medis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Peserta mengaku sengaja ikuti khitanan massal karena anaknya sudah menginginkan. Selain itu, kesempatan khitanan massal ini gratis tidak keluarkan biaya.

“Anaknya sudah mau dikhitan, kebetulan ada program dari Polres dan TNI juga dari Gandara, maka saya sama istri putuskan ikut khitanan massal ini.”Beber Aji, orang tua peserta.

Sedangkan, peserta lain mengaku bersyukur karena bisa mengkhitan anaknya. Mereka juga mendapatkan obat-obatan, santunan hingga kebutuhan yang disediakan panitia.

“Alhamdulillah bersyukur, semoga anak kami cepat pulih. Hatur Nuhun pak TNI dan Polisi sama Pengusaha yang sudah adain acara ini,’tutupnya.

sumber:Rizki Tasik.id