KPU Subang Optimis Tingkat Partisipasi Pemilih Pada Pilkada 2024 Di Angka 80 Persen

Fokus Subang Politik Sosial

Pewarta: Feri Bejho

KAB.SUBANG. FOKUSPRIANGAN.ID – KPU Kabupaten Subang menargetkan tingkat partisipasi masyarakat pemilih, pada Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang diangka 80 persen lebih.

Abdul Muhyi Ketua KPU Subang mengatakan, target partisipasi pemilih sebesar 80 persen lebih pada Pilkada Serentak 2024 sangat realistis. Karena mengacu pada Pilkada 2019 lalu, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 77 persen.

“Pilkada 2019 yang lalu mencapai 77 persen, ya pada Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang bisa lah naik antara 3-5 persen sekitar 80 persen lebih,” Katanya Sabtu (18/05/2024)

Abdul Muhyi menambahkan soal partisipasi pemilih antara pilkada dengan pemilu beda, masing-masing memiliki tantangan tersendiri, di Pilkada jumlah calon lebih sedikit, dibandingkan dengan tingkat partisipasi di pemilu, yang jumlah pesertanya berlapis disetiap tingkatannya.

“Untuk pemilu, banyak yang terlibat men sosialisasikan mulai dari tim sukses para caleg, partai semua bergerak, sehingga sangat berefek terhadap tingkat partisipasi pemilih,” tutur-nya
Lain halnya dengan pelaksanaan Pilkada, tergantung dari jumlah banyak dan sedikitnya pasangan calon yang maju di Pilkada. ” Maka untuk mendorong tingkat partisipasi pemilih di pilkada serentak 2024 nanti, harus banyak melibatkan semua setiap lapisan masyarakat,” Tambahnya.