Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Polres Ciamis dan Pemkab Gelar Apel Pasukan OPS Ketupat 2024

Fokus Kab Ciamis Pemerintahan Sosial

Pewarta: Nadia FA Saragih

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polres Ciamis dengan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Ciamis, melakukan kegiatan apel gelar pasukan, (Ops Ketupat 2024) yang diselenggarakan di halaman Pendopo Setda kabupaten Ciamis pada Rabu (03/04/2024) kemarin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan guna memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat serta antisipasi gangguan Kamtibnas dan Kamseltibcar lantas pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

salah satu rangkaian adalah dengan pemusnahan barang bukti hasil operasi pekat Lodaya 2024 dalam rangka Cipta wilayah hukum Kabupaten Ciamis. “Hasil pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya yang menggandeng serta melibatkan stekholder Kesatuan Polisi Pamong Praja, Dinas perhubungan, Dinas kesehatan, Pemadam kebakaran, Linmas, Senpol, dan instansi lainnya,” papar Kapolres Ciamis AKBP Akmal.

Selain itu, ucap Akmal, sebelum pelaksanaan operasi, Polri pun telah melaksanakan kegiatan rutin, dalam rangka cipta kondisi jelang Hari Raya Idul Fitri, dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, Mirasturi, judi, prostitusi, narkoba, petasan, dan lainnya.

Selain itu, dilakukan pula, penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti hasil dari Ops Keselamatan dan Ops Pekat Lodaya 2024 oleh Bupati Ciamis, Ketua DPRD Kab Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, Kapolres Ciamis, Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis, dan Ketua Pengadilan Agama Kab.Ciamis.

Selanjutnya di lanjutkan dengan pemusnahan barang bukti Obat keras terbatas, Psikotropika, Narkotika hasil dan Ops Pekat Lodaya 2024 dengan cara dibakar di tempat yang telah disediakan.
“Barang bukti yang di bakar terdiri dari Narkotika jenis Ganja sebanyak 177,7 gram, Psikotropika 609 bitir, sediaan farmest jenis adat Trihexyphenidyl, Tramadol dan Hexymer dengan jumlah keseluruhan 10.927 butir, dan jamu berbagai merek banja 45 sachet),” beber Kapolres Ciamis.

Akmal mengungkapkan, hasil dari Ops Pelat Lodaya 2024 Polres Ciamis berhasil mengamankan 1.002 botol minuman keras yang terdiri dari Anggur Gingseng 405 botol, Kawa-Kawa 62 Botol, Anggur Merah 351 Botol, Arak 3 Botol, Kilin 52 Botol, Anggur Buah 57 botol, Anggor Puth botol, Anggur Hijau 9 Botol, Bir 6 Botol, selain itu juga terdapat 137,91 minuman keras oplosan yang terdin dari 84,21 Ciu, 37,9 L Arak Bali dan 161. Tuak)
Sementara itu petugas dari Kesatuan polisi pamong praja. Dinas perhubungan, dinas kesehatan, Pemadam kebakaran, linmas, senpol, dan instansi lainnya yang akan ditempatkan di beberapa titik.

Berbagai permasalahan yang timbul pada saat dan pasca Idul Fitri 1445 harus di antisipasi. “Kita harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait umat muslim umat muslim dapat melaksanakan ibadah romadhon yang puncak nya PD saat perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar aman dan nyaman,” ujarnya.

Kapolres Ciamis berpesan bahwa prediksi gangguan dari berbagai aspek harus.
“Kita cegah dan antisipasi, oleh karena itu operasi ketupat 2024, harus dilaksanakan secara optimal, perjalanan mudik maupun balik dapat berjalan lancar dan aman,” kata Akmal.

Apabila berhasil masyarakat bisa merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman dari berbagai macam gangguan.
“Saya berharap dengan antisipasi dan berbagai upaya yang dilakukan untuk permasalahan yang timbul pada saat dan pasca Idul Fitri 1445 dengan adanya perlu kerjasama dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait umat muslim agar dapat melaksanakan ibadah romadhon yang puncak nya pada saat perayaan idul Fitri merasa aman. serta masyarakat yang mudik pun berjalan lancar aman dan nyaman,” ujarnya.