Pesisir Pantai Pelabuhan Ratu Diterjang Gelombang Tinggi, Sejumlah Bangunan Warung Rusak

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi diterjang gelombang tinggi atau banjir rob sejak Senin malam (11/3/24). Sejumlah bangunan yang berada di kawasan itu dilaporkan mengalami kerusakan.

Salah satunya terjadi di kawasan pesisir pantai Palabuhanratu. Gelombang pasang mulai masuk ke sejumlah bangunan warung di Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu.
Asep Edom salah seorang Tim Relawan Jakarta Rescue Unit Palabuhanratu kepada wartawan mengatakan bahwa di Desa Citepus, bangunan warung yang rusak akibat diterjang gelombang pasang atau banjir rob berada di RT 01, 02, dan 03 di RW 03. “Seluruh bale-bale, lesehan, dan bangunan warungnya hancur total,” sebut Asep Edom, Selasa (12/3/24).

Gelombang pasang sempat surut pada Selasa dini hari. Namun memasuki pagi, kembali terjadi gelombang pasang.
“Tadi pagi (Selasa) gelombang pasangnya lebih besar,” ujarnya.

Masyarakat atau para pemilik warung yang bangunannya rusak diterjang banjir rob mulai mengungsi ke tempat lebih aman. Mereka membawa serta barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

“Termasuk penghuninya, seperti balita, lansia, dan yang sakit. Kami prioritaskan dulu untuk dievakuasi ke tempat lebih aman, ke dataran tinggi atau ke rumah kerabatnya yang jauh dari pesisir pantai,” kata Asep.

Sementara ini upaya evakuasi dilakukan sejumlah relawan gabungan. Mereka menyiapkan kendaraan yang bisa digunakan mengangkut orang dan barang. “Sampai saat ini, dilaporkan tak ada korban jiwa akibat┬áKami (relawan) bergerak cepat demi keselamatan masyarakat, kami pantau terus perkembangan gelombang pasang,” tandasnya.