Harga Sembako di Pasar Cipanas Alami Kenaikan, di Keluhkan Pembeli

Ekonomi dan Bisnis Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Tubagus

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Melonjaknya beberapa harga sembako seperti beras, minyak dan telur di pasar yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitar nya membuat warga minoritas kalangan menengah kebawah ikut prihatin.

Seperti hal nya di Pasar rakyat Cipanas yang berada tepat di jantung kota dolar adalah salah satu tempat dimana beras serta kebutuhan pokok lainnya harga ada kenaikan cukup mahal.

Kamera Fokus Priangan sempat mengambil gambar keadaan lokasi kios pedagang beras Cipanas yang terlihat sepi dari kunjungan warga pembeli sembako.

Salah satu warga Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Rani Ramandani ( 30 ) mengatakan, kenaikan harga beras, telur ayam dan minyak sayur di pasar membuat kami serta warga lain merasa cukup prihatin.

“Gak ada sejarah nya kalau harga bahan kebutuhan pokok di pasar sudah naik akan turun normal kembali, ” ujar Rani.

Masih kata nya, sebelum pemilu seingat saya kurang lebih satu bulan lamanya harga – harga barang di pasar begitu sangat mahal sehingga mencekik leher kantong.

” Kami berharap semoga presiden baru nanti dapat membuat harga bahan pokok bisa normal kembali karena masyarakat seperti kami yang tarap ekonomi nya lemah merasa bingung kalau harga beli terus mahal bisa – bisa kami makan singkong karena ga bisa buat beli beras,” ungkapnya lirih.

Di tempat berbeda pedagang beras eceran kios di babakan Pakuwon Kecamatan Sukaresmi Esih (45) menjelaskan. ” Akibat dari naik nya harga kebutuhan pokok seperti beras dan sembako lain membawa dampak terhadap warung kami sepi dari pembeli bahkan langganan kami ikut berkurang.

” Memang harga beras sebelum nya berkisar 11 ribu satu liter nya tapi kini harga terus bergerak naik menjadi 12 ribu lima ratus rupiah, itu jenis beras kuwalitas rendah.

“Untuk beras yang kuwalitas nya cukup baik harga nya mencapai 14 ribu rupiah satu liter selanjutnya di ikuti kenaikan harga minyak dan telur,” jelas Esih.

Ia menambahkan ” Kami berharap pemerintah pusat bisa menurunkan harga – harga sembako yang biasa di gunakan kaum ibu rumah tangga serta masyarakat luas ” pungkasnya.

Tanggapan beragam Polemik merangkak nya harga kebutuhan sembilan bahan pokok di pasar menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemerintah Pusat hingga daerah demi menuju tatanan Indonesia emas kedepan.