WNA Asal Afganistan di Tangkap Polisi di Kawasan Puncak Cipanas

Fokus Cianjur Hukum dan Kriminal Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Seorang Warga Negara Asing (WNA), asal Afghanistan yang berinisial AH (34) di tangkap Polisi diduga ketika bertransaksi narkoba jenis ganja di kawasan puncak Cipanas kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Menurut kasat Narkoba Polres Cianjur AKP Septian Pratama megatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat dengan adanya transaksi barang haram tersebut, bahwa pelakunya WNA asal Afghanistan.

“Dari hasil sementara yang kita dalami saat ini, yang bersangkutan adalah pemakai bukan pengedar,” tuturnya pada awak media Senin (12/02/24).

Menurutnya, pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti narkotika yang berjenis ganja sebanyak 20 gram dari hasil transaksi terduga dan bandar, namun pada saat itu berhasil melarikan diri.

“Yang bersangkutan memiliki barang bukti lebih dari lima gram, itu cukup banyak, namun sayangnya bandar selaku penjual kabur saat akan di tangkap,” terangnya.

Dari hasil penyelidikan kepolisian, terduga AH sudah lebih lima kali mengkonsumsi ganja, setahun yang lalu, jadi dirinya bukan pemakai aktif karena tersangka merupakan pengungsi di Indonesia khususnya di Cianjur, dia datang ke Cianjur 12 tahun lalu,” jelasnya.

Saat ini pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan dan pendalaman lebih lanjut pada AH.

“Untuk pasal yang di terapkan adalah pasal 114 ayat 1 Junto pasal 111ayat 1, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara, maksimal 20 tahun penjara,” pungkasnya.