Belasan Kades Ikuti Jum’at Curhat yang Digelar Polres Tasikmalaya di Rumah Makan Kawasan Cintawan

Fokus Kab Tasik Sosial

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Polres Tasikmalaya menggelar Jum’at Curhat yang diikuti oleh belasan kepala desa perwakilan APDESI di Rumah Makan Kawasan Cintawan, Jumat (2/2/24). Dalam acara itu, sejumlah kades menyampaikan persoalan yang terjadi dilingkunganya.

Seperti yang disampaikan Kades asal Cikalong ini. Ia mengungkap keresahanya terkait banyak pungutan liar di jalanan oleh preman. Para pelaku menggunakan kedok perbaikan jalan namun jalan tidak kunjung diperbaiki. Pihak Desa meminta kepolisian tegas memerangi pungli agar bersih.

“Jadi kalau saya rudeut (pusing) sama ada yang nyair nyair di jalan, dalihya buat perbaikan jalan, tapi jalan gak dibener benerin juga. Ada perempuan juga yang nyair nyair minta ditertibkan,” kata Kepala Desa Dahyan, Ketua DPK Apdesi Kecamagan Cikalong Saat Jumat Curhat bersama Polres Tasikmalaya.

Kades lain meminta kepolisian mendukung perbaikan wisata di Selatan Kabupaten Tasikmalaya. Sinkronisasi antara Pemerintah daerah, Kepolisian, Pengelola dan Desa harus dilakukan agar wisata maju.

Ketua DPK Cikatomas, Anton Hilman juga mengungkapkan masalah pengelolaan wisata. “Intinya masalah pengelolaan wisata harus ada sinkronisasi antara Pemda dan Pengelola. Kepala desa harus dilibatkan. Jadi kalau polisi juga hadir untuk meminimalisir aksi premanisme,” kata Anton Hilman Ketua DPK Cikatomas.

Ketua APDESI Kabupaten Tasikmalaya, Giri Pribadi menyampaikan dukunganya dalam menjaga kabtimas. Alalagi, menghadapi pemilu presiden tahun 2024. Pihaknya berupaya turut membantu kepolisian menciptakan kabtimas ditengah masyarakat desa. “Kami para kades akan turut membantu kepolisian menjaga Kabtimas di tengah masyarakat,” kata Giri.

Kapolres Tasikmalaya menampung semua curhatan para Kepala Desa. Kepolisian meminta agar kepala desa tidak takut berhubungan dengan polisi. Kaitan dengan keluh kesah pungli jalanan, Kepolisian meminta agar dilakukan komunikasi dua arah dengan para pelaku dugaan pungli.

“Kades jangan lihat polisi menakutkan, silahkan komunikasi dengan kami. Saya ingin para Kades ini komunikasi dengan kepolisian kalau memang ada hal hal yang perlu ditanyakan atau dibantu kepolisian. Persoalan tadi ada curhatan pungli yang pasti Polisi dalam bertindak pertama ada laporan pengaduan dari masyarakat akan lakukan himbauan tapi kalau ada tindak kejahatan maka kami akan lakukan upaya penegakan hukum,” kata Kapolres Tasikmalaya, AKBP Bayu Catur Prabowo. (*****)