Bawaslu Kabupaten Sukabumi Melalui Panwascam Gelar Rakor, Untuk Ciptakan Pengawasan Kampanye dan Logistik yang Efektif dan Efesien

FOKUS SUKABUMI Politik Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi pembinaan aparatur, pengawasan kampanye dan logistik di Cemoro Djati Manggis Cicurug, Selasa (30/1/24).

Hal tersebut dilakukan untuk mencipatakan pengawasan kampanye dan logistik yang efektif dan efisien.
Informasi yang diperoleh menyebutkan, rakor antar wilayah yang dilaksanakan oleh Bawaslu tersebut diikuti oleh 4 Kecamatan antara lain : Cicurug, Cidahu, Parungkuda dan Ciambar.

Sementara itu sebagai peserta dalam Rakor tersebut yaitu Ketua Panwaslucam dan Anggota, Kepala Sekretariat, perwakilan staf, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dan steckholder terkait, dengan tujuan bisa menyatukan persepsi dalam menyukseskan Pemilu yang beritegritas dan berkwalitas dan terciptanya jalinan komunikasi dan koordinasi antara penyelenggara pemilu dengan para pemangku kebijakan diwilayah kerjanya masing-masing.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Sukabumi
Abdullah Sarabiti, narasumber internal dalam sambutanya menyampaikan salam dari Bawaslu RI untuk jajaran Panwaslucam, PKD dan PTPS untuk senantiasa menjaga kesehatan karena semakin dekat dengan pelaksanaan pemilu semakin padat kegiatan yang harus diawasi. “Saya berharap bapak-ibu menata diri kembali dalam hal pengetahuan pungut hitung, pahami undang-undang pemilu, PKPU dan Perbawaslu dengan baik, untuk disampaikan kepada PTPS, berikan mereka bimbingan dan arahan, supaya mereka memahami tugas, wewenang serta tanggungjawabnya,” kata Abdullah Saratibi.

Sementara, terkait pengawasan logistik bila ditemukan ketidak kesesuaian jumlah atau rusak Abdullah meminta segeralah bikin saran perbaikan.

“Saya juga titip dalam pembuatan LHP kronologinya harus tertuang dengan jelas dalam uraian singkat pengawasan, jadi nantinya bisa disimpulkan dan diketahui ada atau tidak temuan dugaan pelanganggaran dalam LHP tersebut,” tegasnya.