Ketua KPPS Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug Lantik Anggota PPS di Aula Desa Pasawahan

FOKUS SUKABUMI Politik Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Sebanyak 203 anggota Panitia Pemungut Suara (PPS) dilantik oleh Ketua KPPS Desa Pasawahan di Aula Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/1/25).

Ketua KPPS Desa Pasawahan Ade Supriadi kepada FokusPriangan mengatakan bahwa kepada para anggota PPS tadi sudah disampaikan bahwa sebelum bertugas anggota PPS harus menanam rasa tanggung jawab sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat TPS. “Karena bagaimana pun, wajahnya Pemilu ada di tingkat TPS bukan ditingkat pusatnya, kalau wajahnya rusak maka akan rusak semuanya, maka kita menekankan kepada setiap anggota PPS untuk betul-betul melaksanakan tugasnya dengan tanggung jawab,” terang Ade kepada FokusPriangan usai acara pelantikan.

Ade melanjutkan, secara tercatatnya mereka menandatangani fakta integritas dan didengarkan oleh semua. “Saya bertanya kepada mereka semua, kalau tidak mau tandatangan silahkan, tapi dianggap mengundurkan diri, tapi mereka semua telah sepakat lalu menandatangani, artinya mereka siap bertugas sebagai PPS,” katanya.

Ade Supriadi berharap agar anggota PPS yang sudah dilantik pertama harus bekerja karena sudah sah menjadi anggota PPS. “Yang kedua, mereka juga diharapkan membaca literatur terkait aturan-aturan, Undang Undang Pemilu maupun aturan pemilu, sehingga mereka bekerja sesuai dengan aturan yang ada,” paparan Ade menjelaskan.

Ia menekankan agar anggota PPS harus netral, kalau masalah hak pilih anggota PPS pun mempunyai hak pilih. “Tetapi mereka harus netral dan jangan mengajak siapapun secara terbuka, pasalnya mereka di fakta integritas yang sudah ditandanganinya. Kalau nanti terbukti anggota KPPS mengajak untuk memilih calon, pastinya mereka telah melanggar kode etik, awalnya ditegur, tetapi kalau sudah terangan-terangan sekali maka ranahnya sudah bagian KPU untuk menindaknya,”ujarnya.

Pantauan dilokasi, pelantikan anggota KPPS tahun 2024 ini diwarnai dengan menanaman pohon. “Satu TPS satu pohon,” kata Ade.