Sedikitnya 12 Rumah Milik Warga Rusak Berat Akibat Bencana Longsor yang Terjadi di Kampung Cibatu Hilir Cibadak

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Bencana longsor terjadi di Kampung Cibatu Hilir Rt 01 Rw 011 Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/1/24) pukul 06.30 Wib pagi. Sedikitnya 12 rumah warga mengalami rusak berat akibat longsor.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan longsor terjadi pada pukul 06:30 WIB berakibat kepada 15 Kepala Keluarga (KK) 51 Jiwa kehilangan tempat tinggal dan mengancam 75 KK 239 jiwa yang berada di daerah terjadinya bencana alam.

Camat Cibadak Abdul Naafi kepada wartawan mengatakan, kejadian longsor ini membuat 12 rumah warga mengalami rusak berat. Pihak pemerintah kecamatan sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk menanggulangi peristiwa bencana ini.

“Untuk saat ini kami dari pemerintah kecamatan Cibadak telah berkoordinasi dengan semua pihak untuk membantu para korban bencana alam. Beberapa tenda sudah dipersiapkan untuk alternatif warga dampak korban bencana alam, bahkan dari pihak perumahan terdekat juga memberikan tempat bagi para pengungsi untuk bisa di manfaatkan oleh warga,” kata Camat Cibadak Abdul Naafi.

Ia menerangkan pemerintah kecamatan Cibadak akan selalu memantau perkembangan di lokasi dan juga menghimbau kepada warga lainnya agar selalu berhati-hati dengan kondisi cuaca saat ini.

“Sedangkan untuk langkah jangka pendek kami dari pihak pemerintah kecamatan akan melakukan evakuasi kepada korban dan untuk jangka panjangnya akan berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Sukabumi dan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dalam rangka penanganan bencana alam ini,” ujarnya.

Camat menghimbau kepada warga agar selalu berhati-hati dengan kondisi cuaca saat ini. “Mudah-mudahan kejadian bencana tanah longsor ini bisa segera ditangani dengan baik dan para korban tetap bersabar atas musibah ini,” tandasnya.