Sebanyak 121 Orang Pengawas PTPS se- Kecamatan Sadananya Resmi di Lantik Oleh Ketua Panwascam Sadananya

Fokus Kab Ciamis Politik Sosial

Pewarta: Dede Irwan

KAB.CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, melantik 121 Orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Sadananya bertempat di Aula Gedung Dakwah Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, Senin (22/1/2024).

Hilman Hakim selaku ketua panita Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Sadananya dalam sambutannya mengatakan. Bahwa 121 orang Pengawas TPS yang dilantik, nantinya akan di sebar pengawasannya sesuai dengan domisili tempat memilihnya pada pemilihan umum serentak Tahun 2024.

Kata Hilman, bahwa Pengawas TPS yang telah dilantik harus memahami mengenai Tugas, Pokok, dan selaku Fungsi Pengawasan, dan dalam pelaksanaanya tidak boleh lepas koordinasi mengenai pengawasan di TPS nantinya dengan PKD serta Panwascam Sadananya.

Untuk mewujudukan Pemilu Tahun 2024 yang demokratis dan bermartabat 121 orang PTPS yang dilantik harus memahami terkaitbtugas dan fungsi serta melakukan koordinasi dengan intansi terkait,” paparnya.

“Bekerja dengan profesional, akuntable serta memahami aturan yang berlaku, berharap menghasilkan kualitas pengawasan baik, yang berkekuatan hukum dan berkeadilan,” tandasnya.

Dalam kegiatan pembinaan dan sosialisasi tersebut, para pemateri memberikan pemahaman tentang tata cara pengisian mengenai Siwaslu 2024, yang nantinya akan dipergunakan sebagai alat kerja pengawasan yang berbasis aplikasi, yang harus difahami bersama oleh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Hilman mengatakan sebagai PTPS, merkeka yang dikukuhkan harus memahami terkait tugas dan fungsi sebagai pengawas. Adapun pembinaan yang dilakukan oleh pihaknya, merupakan bentuk dalam upaya agar Pengawas Tempat Pemungutan Suara Lebih siap lagi dalam menjalankan kewajibannya sebagai Pengawas TPS dengan masa kerja 21 hari sebelum hari pemungutan suara, dan 7 hari sesudah pemungutan suara.

Sebagai Panwascam Kecamatan Sadananya kata Hilman, pihaknya telah mengadakan dan melaksanakan bimbingan tekhnis lebih intens lagi untuk seluruh anggota Pengawas TPS supaya pemahaman mengenai pengawasan dilapangan lebih matang lagi, agar menghasilkan pengawas TPS yang berkualitas dan berintegritas,” pungkas Hilman.