Fokus Perekaman dan Pencetakan KTP Pemula, Persedian Blanko KTP di Kabupaten Sukabumi Menipis

FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Jelang Pemilihan Umum ( Pemilu ) 2024, stok blanko Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi dikabarkan semakin menipis.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Amir Hamzah kepada wartawan mengatakan, bahwa dua minggu yang lalu, stok blanko KTP-el berjumlah 341 lembar karena pengiriman dari Jakarta masih terbatas.
“Sebenarnya, kami telah menerima tambahan 5 ribu blanko baru-baru ini. Namun, jumlah blanko yang perlu dicetak mencapai lebih dari 30 ribu untuk pemula dalam mencetak ready record,” kata Amir, Selasa (16/01/24).

Ia mengatakan, jika nantinya terdapat 44 ribu orang yang direkam, maka Disdukcapil Kabupaten Sukabumi harus mencetak sekitar 74 ribu blanko hingga tanggal 14 Februari 2024. Untuk itu, ia menilai dalam kondisi saat ini ketersediaan blanko KTP-el belum mencukupi.

Namun meski demikian, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi tetap berupaya memberikan pelayanan reguler kepada masyarakat. Pencetakan untuk keperluan para pemula tetap berjalan sesuai dengan urutan antrian.

Ketika ada warga yang sudah direkam terlebih dahulu, seperti sekolah atau desa-desa, mereka diprioritaskan dalam proses cetak. Meskipun demikian, diharapkan adanya penambahan stok blanko KTP-el di masa mendatang. “Dampak dari terbatasnya stok blanko KTP-el itu, kami harus menghentikan sementara pengiriman kecamatan. Fokus kami saat ini adalah mencetak untuk keperluan pemula terlebih dahulu. Namun, kami tetap melayani keperluan reguler.

Seperti penggantian KTP-el yang rusak atau perubahan status dengan mengarahkan masyarakat ke Identitas Kependudukan Digital (IKD). Tetapi, tidak semua lembaga pelayanan publik menerima IKD,” bebernya.

Sementara itu Kepala UPTD Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Wawan ketika dikomfirmasi FokusPriangan mengatakan kalau UPTD itu tergantung dari kirim bangko dari Dinas. “Memang saat ini jelang Pemilu, sedang gencar-gencar melakukan perekaman untuk pemula atau pelajar,” ungkapnya, Rabu (17/1/24).

Ia memaparkan kalau satu hari, dua sekolah dilakukan perekaman ke tiap-tiap sekolah. Sementara pencetakan KTP untuk pemula dilakukan langsung di Dinas. “Kalau untuk umum saat ini tidak terganggu,” tandasnya.

Salah seorang warga Cicewol Desa Mekarsari yang tidak mau disehut namanya, ketika ditemui di UPTD Cicurug mengaku kesulitan untuk mencetak KTP. “Alasannya ketefbatasan blanko,” ujarnya.