Dekati Akhir Masa Jabatan, Wabup Garut Ungkap Capaian dan Tantangan

Fokus Jabar Pemerintahan Sosial

Pewarta: T.Abdul Patah

KAB.GARUT.FOKUSPRIANGAN.ID – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mengenang masa-masa awal menjabat dalam sebuah apel gabungan yang diadakan di Lapangan Sekretariat Daerah, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada Senin (15/1/2024). Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa minggu ini adalah minggu terakhir bagi dirinya dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, menjelang berakhirnya masa jabatan mereka pada 23 Januari 2024.

Helmi Budiman mengingat kembali momen pelantikannya bersama Rudy Gunawan oleh Gubernur Jawa Barat kala itu, Ahmad Heryawan, di Gedung DPRD Kabupaten Garut pada tahun 2014. Salah satu tantangan yang dihadapi pada awal masa jabatan adalah status Garut sebagai daerah tertinggal.

“Beliau (Ahmad Heryawan) berpesan dua tahun harus keluar (daerah tertinggal), atas izin Allah, kita 6 bulan, dan tentu atas upaya yang dilakukan oleh saudara-saudara, dan seluruh masyarakat Garut untuk keluar dari daerah tertinggal ternyata membuahkan hasil,” ucapnya.

Selain itu, Gubernur Jawa Barat waktu itu juga menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia, mengingat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Garut yang masih rendah. Helmi menyampaikan bahwa berbagai kegiatan telah dilakukan untuk meningkatkan kesehatan, ekonomi, dan pendidikan di Garut.

Meskipun mengakui bahwa masih banyak yang perlu dicapai, Helmi Budiman merasa bersyukur atas kerja sama yang telah terjalin.

“Kita secara bersama-sama, bareng-bareng, baik dari mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, monitoring, kita lakukan bersama-sama dan itu adalah kerja kita bersama,” lanjutnya.

Menutup sambutannya, Wabup Helmi Budiman menekankan bahwa kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Garut adalah hasil kerja keras dari semua elemen, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat Garut, yang berkomitmen mewujudkan visi “Garut Bertaqwa, Maju dan Sejahtera.”