Musim Penghujan, Diskes Pesisir Barat Imbau Warga Waspada Penyakit Penyerta

0

Pewarta: Zulfikar

PESIBAR (LAMPUNG) FOKUSPRIANGAN.ID –
Musim Penghujan, Diskes Pesisir Barat Imbau Warga Waspada.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca ekstrem di awal tahun 2024.

Hujan yang merata di beberapa daerah, seperti di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tentu harus diwaspadai, salah satunya waspada terhadap berbagai potensi penyakit penyerta yang terjadi saat musim hujan berlangsung.

Plt.Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesbar, Suryadi, S.IP, M.M., mengatakan bahwa, dengan kondisi musim penghujan yang terjadi saat ini tentunya masyarakat juga harus tetap mewaspadai terhadap ancaman berbagai penyakit penyerta pada musim penghujan yang memang rentan terjadi, antara lain penyakit diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), Leptospirosis yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira.

“Selain itu, penyakit penyerta lainnya yang harus diwaspadai saat musim penghujan tersebut yakni Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), penyakit kulit, dan penyakit pencernaan,” katanya. Sabtu (13/01/24).

Dijelaskannya, dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit penyerta pada saat musim penghujan tersebut, mudah-mudahan masyarakat di Kabupaten Pesbar ini juga tetap menjaga kesehatannya dengan baik.

Karena dengan kondisi tubuh yang tetap sehat, tentunya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala.

“Kita juga mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit penyerta musim hujan yang berpotensi menjangkit masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, upaya pencegahan tersebut seperti menggunakan pakaian hangat, sedia payung atau jas hujan ketika hendak beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, menjaga kebersihan rumah dan berbagai tempat lainnya yang dimungkinkan menjadi sarang perkembangan nyamuk, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin mengkonsumsi vitamin, serta mandi setelah kehujanan.

Dengan menerapkan beberapa upaya tersebut, mudah-mudahan kesehatan masyarakat bisa terus terjaga dengan baik dan maksimal.

Baca Juga  Antisipasi Gangguan Kamtibmas,Sat-Samapta Polres Pematang Siantar Laksanakan Sambang Warga