Polsek Malangbong Bersama Warga Bantu Bersihkan Material Tanah Longsor Yang Menyumbat Saluran Air

Fokus Jabar Sosial

Pewarta : Aep Saepudin

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Akibat intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan beberapa potensi dan bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Garut, pada hari Kamis (11/01/24) sekitar pukul 05.00 WIB, telah tejadi bencana alam tanah longsor di Kampung Cibugel Desa Cikarag Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

Menindaklanjuti kejadian tersebut Polsek Malangbong bersama Forkopimcam Kec. Malangbong dan warga sekitar melakukan kegiatan kerja bakti bersama untuk membersihkan material tanah longsor tersebut.

Tanah longsor tersebut memang tidak membahayakan warga sekitar, namun TPT pinggir jalan penghubung Kampung Cibugel ke Kampung Cipeundeuy mengalami patahan tanah lpngsor dengan lebar sekitar 30 meter dan tinggi 7 meter.

Selain itu material tanah longsor berupa tanah pun menutupi aliran air sungai Cipanawuan, kerja bakti yang dilakukan Polsek Malangbong bersama Forkopimcam dan warga sekitar dibersihkan menggunakan alat seadanya seperti cangkul dan lain-lain dengan prioritas utama saluran air dapat berfungsi normal kembali.

Polsek Malangbong bersama warga bahu membahu membantu memberisihkan bekas material tanah longsor dan akhirnya material tanah longsor dapat dibersihkan serta saluran air berfungsi normal kembali.

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kapolsek Malangbong AKP Iwan Soleh Pujiawan menyampaikan jika anggota Polres Garut dan Polsek jajaran akan siap sedia untuk penanganan bencana alam terutama demi keselamatan warga sekitar.

“Upaya-upaya sosialisasi atau himbauan pun kerap kami sampaikan kepada masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrim dan musim hujan yang tinggi, agar masyarakat tetap selalu waspada tekait potensi bencana alam yang terjadi terlebih kami berpesan agar warga selalu menjaga lingkungan sekitar untuk mencegah potensi bencana alam.” Imbuh Iwan.

“Tidak hanya sosialisasi kami pun bekerja sama dengan unsur TNI, aparatur Desa dan warga sekitar untuk melakukan patroli mitigasi bencana ke titik-titik yang dianggap rawan bencana alam sebagai salah satu bentuk penanganan bencana alam di Kecamatan Malangbong.” Pungkasnya.

SUMBER: HUMAS POLRES GARUT