Ketua Dekranasda Jawa Barat Kunjungi Garut, Dorong Pengembangan Produk Unggulan Lokal

Ekonomi dan Bisnis Fokus Jabar Pemerintahan Sosial

Pewarta: T.Abdul Patah

KAB.GARUT.FOKUSPRIANGAN.ID – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut menyambut kunjungan istimewa Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Amanda Soemedi, pada Rabu (10/1/2024). Pertemuan berlangsung di Rumah Makan Cibiuk, Jalan Oto Iskandar Di Nata, Kecamatan Tarogong Kaler. Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang lebih luas bagi produk kerajinan Garut untuk dikenal dan diminati di berbagai pasar.

Kunjungan Amanda Soemedi, yang juga merupakan istri Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat ini diawali dengan santap makan siang bersama jajaran Dekranasda Jabar dan Dekranasda Garut, dengan menyantap makanan nasi liwet khas Garut. Kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi produk fashion tenun sutra Garut dan produk kulit Garut yang disambut dengan musik kesenian _celentung_ khas Garut di Astiga.

Dalam kunjungannya, Amanda Soemedi, yang didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih, dan rombongan lainnya, mengapresiasi keunikan dan inovasi produk lokal Garut yang digaungkan para pengusaha muda, menggambarkan potensi besar produk-produk ini di pasar internasional. Ia mengemukakan pentingnya pengembangan berkelanjutan produk lokal untuk meningkatkan devisa negara.

“Sebaiknya terus dikembangkan usaha ini karena bisa meningkatkan perekonomian juga di Garut, di Jawa Barat, dan mungkin bisa menjadi eksport besar yang menjadi bagian menambah devisa negara,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa para pengusaha asal Kabupaten Garut harus mencoba lebih banyak belajar dengan melihat secara langsung contoh-contoh model produk asal luar negeri.

“Jadi bisa lebih banyak model-modelnya dan itu akan lebih menambah customer akan lebih puas begitu untuk memilih,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Garut, Diah Kurniasari, mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan. Ridwan Effendi, Kepala Disperindag ESDM Garut selaku Ketua Harian Dekranasda Garut, menggarisbawahi kunjungan ini sebagai dukungan nyata bagi pertumbuhan kerajinan di wilayah tersebut.

Ridwan berharap kunjungan ini akan memperkuat posisi produk Garut di pasar dan memotivasi pengrajin lokal.

Ridwan menyatakan komitmen Dekranasda Garut untuk tidak hanya meningkatkan kuantitas pelaku usaha kerajinan, tetapi juga kualitas dan daya saing produk. Ia juga menekankan pentingnya memperluas jaringan pasar, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan hadirnya kunjungan dari provinsi ini targetnya adalah kita ingin memperluas jejaring marketnya, tidak hanya di Jawa Barat tentunya,” tandasnya.