Kondisi Puskesmas Pembantu Desa Rawa Belut Terbengkalai, di keluhkan Masyarakat

Fokus Cianjur Pemerintahan Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Ruang kesehatan atau puskesmas pembantu Desa Rawa Belut kecamatan Sukaresmi kabupaten Cianjur Jawa Barat, menjadi persoalan bagi kesehatan masyarakat dan di keluhkan kepala Desa rawa belut.

Pasalnya sudah dua tahun terbengkalai dan tak jelas kelanjutanya, hal ini di keluhkan warga dan kepala Desa Rawa Belut.

Ironis hal ini menjadi keluhan warga sekitar, karena selama ini masyarakat Desa Rawa Belut harus berobat ketempat jauh, beda halnya walau di Desa mempunyai bidan Desa, karena lebih minim biayanya kalau melalui puskesmas pembantu (Pustu).

Jadi bagi Desa Rawa Belut sangatlah minim pasilitas kesehatan bagi masyarakat, adapun ruang kesehatan di bangunan milik Desa Rawa Belut hanyalah jika ada kegiatan saja.

Menurut kades Rawa Belut Syarif Hidayat menjelaskan, puskesmas pembantu sangatlàh di perlukan oleh masyarakat kami, karena Desa rawa belut sangatlah jauh dari puskesmas kecamatan, apalagi ke RSUD kabupaten Cianjur,”ucap kades Kamis (10/01/24).

Jadi puskesmas ini sudah terbengkalai sekitar 3 tahun, kami akan memperbaiki atau membangun dengan menggunakan anggaran Dana Desa itu tidak bisa, kata Irda kabupaten Cianjur, jadi kalau bisa tolong di hapuskan saja oleh Dinas kesehatan kabupaten Cianjur, jadi kami selaku pemerintahan Desa bisa menganggarkan dari Dana Desa, agar hal ini tidak terjadi tumpang tindih,” pungkas kades.