Akibat Hujan Deras Luapan Kali Cibodas Rendam Ratusan Rumah Warga di Tiga kecamatan di Cianjur

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

KAB.CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Akibat besarnya intensitas hujan yang mengguyur kawasan wilayah kabupaten Cianjur, akhirnya kali Cibodas meluàp hingga merendam pemukiman penduduk di tiga kecamatan.

Tiga kecamatan yang terdampak banjir di antaranya kecamatan Ciranjang, kecamatan Bojong Picung dan kecamatan Haurwangi kabupaten Cianjur, adapun kecamatan Ciranjang yang terparah dalam kondisi banjir.

Banjir di akibatkan luapan kali Cibodas hingga 1 meter ketinggian air, bahkan ratusan hektar pesawahan terendam air, yang di akibatkan meluapnya kali Cibodas.

Hingga saat para petugas BPBD kabupaten Cianjur tengah melakukan pendataan rumah warga yang terendam banjir, kemungkinan bisa mencapai ratusan rumah warga yang terdampak banjir,” kata kepala BPBD kabupaten Cianjur Asep Sukma wijaya kamis (4/1).

Menurut salah seorang warga setempat Agus Ahyadi (56) menjelaskan, ketinggiaan air di wilayah saya hingga mencapai 1 meter, sebab dari semenjak siang tadi debit air makin naik sedikit demi sedikit, hingga akhirnya merendam pemukiman warga,” ungkapnya.

Kali ini yang merupakan banjir terparah di wilayah saya, karena sebelumnya air tidak separah ini, jadi banjir ini kaya kejadian di tahun 2014 lalu, memang dulu pernah seperti ini,” terangnya.

Para warga yang terdampak banjir saat ini sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman, ada yang di musolah ada pula yang tinggal di rumah saudaranya,” pungkasnya.