Ketua TP – PKK Kec. mande Hadiri Kegiatan Penyuluhan PKK Desa Bobojong Dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Aris

KAB.CIANJUR.FOKUSPRIANGAN.ID – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP – PKK) Kecamatan Mande, Hj. Rian Naturahaty menghadiri kegiatan penyuluhan atau pembinaan tim penggerak PKK Desa di Aula Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu, (27/12/23).

Ketua TP – PKK Kecanatan Mande, Hj. Rian Naturahaty mengatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh para kades Posyandu dan Kader PKK Desa Bobojong.

” Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bidan Desa Untuk Narasumber nya kita dari Kepala Puskesmas Kademangan dan dari Kepala Balai P5A Kecamatan Mande,” kata Hj. Rian.

Hj. Rian menuturkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk penekanan angka stunting di wilayah Kecamatan Mande khususnya Desa Bobojong.

” ini kita melaksanakan penyuluhan atau pembinaan mengenai peran penting tim penggerak PKK untuk mencegah dan penurunan stunting. Poin yang disampaikan yaitu kita memiliki beberapa kelompok kerja di tim penggerak PKK dan masing masing pokja tersebut harus bekerja sesuai dengan tupoksinya agar berusaha untuk penurunan stunting,” tuturnya.

Ia menerangkan jika dalam kegiatan tersebut dibahas beberapa cara atau gagasan untuk mencegah Stunting. Salah satu caranya yaitu Pokja yang ada harus dapat memotivasi dan menggerakan kelompoknya serta harus tanggap mengenai permasalahan yang ada.

” Salah satu cara untuk mencegah stunting yang disampaikan salah satunya adalah peran jika terutama di kelompok kelompok kerja tersebut, misalkan dari Pokja 1 (satu) bagaimana kelompok kerja (pokja) satu itu memotivasi, menggerakan kelompok kelompoknya diantaranya kelompok PKL atau Kelompok lansia dan kelompok keluarga yang memiliki remaja,” terangnya.

Hj. Rian juga berharap agar tim penggerak PKK desa selalu semangat dan menjadi motivator serta sigap agar Mande secepatnya Zero Stunting.

“Untuk para kader mudah mudahan tim penggerak PKK desa selalu semangat, selalu menjadi motivator dan kemudian menjadi pelapor misalkan adanya stunting jadi cepat tanggap,” harapnya.