Rumah Zakat Suguhkan Kisah Edukatif dan Sejarah Palestina untuk 322 Anak TPQ se-Jakarta melalui Indonesia Mendongeng

Fokus Jakarta Sosial

Pewarta: Nur Azizah

JAKARTA. FOKUSPRIANGAN.ID – Tahun 2023 merupakan tahun ke-10 pelaksanaan Indonesia Mendongeng yang digelar Rumah Zakat bersama Lembaga Koordinasi Gerakan Taman Pendidikan Al-Quran (LKG TPQ) Solo Raya. Agenda ini menjadi sarana untuk mengisi liburan akhir tahun sekaligus ajang silaturahmi santri TPQ Indonesia yang dilaksanakan setiap tanggal 25 Desember setiap tahunnya.

Di satu dekade gelaran Indonesia Mendongeng, kali ini tema yang di usung bertajuk “Santri TPQ Cinta Sesama dan Semesta” yang di laksanakan serentak di 57 Titik se-Indonesia yang tersebar di 29 Kabupaten/Kota di 17 Provinsi Indonesia, termasuk di Jakarta.

“Tema ini bermakna agar tumbuh rasa cinta kepada sesama ummat dan alam semesta di dalam diri para anak-anak dan santri TPQ. Mengingat saat ini saudara-saudara kita di Palestina sedang berjuang mempertahankan tanah tumpah darah mereka. Kita selaku ummat muslim, perlu bersuara dan berdoa untuk keselamatan saudara-saudara kita di Palestina,” kata Irvan Nugraha, CEO Rumah Zakat dalam sambutannya.

Pelaksanaan Indonesia Mendongeng di Jakarta dihelat Rumah Zakat Jakarta dan Bintaro bersama Relawan Rumah Zakat Jakarta di Aula Serbaguna Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin, (25/12/2023). Rangkaian Indonesia Mendongeng berisi kisah edukatif dan sejarah Palestina yang dibawakan Kak Danang dan Kak Dede disuguhkan dengan apik dihadapan 322 anak TPQ se-DKI Jakarta. Acara semakin meriah dengan penampilan hadrah serta beragam lomba dan hadiah menarik yang disambuat antusias para peserta. Tak hanya itu saja, para peserta yang hadir juga turut makan semangka bersama sebagai wujud dukungan untuk Palestina.

Selain itu, kegiatan ini juga turut mengajak para santri TPQ dan anak-anak Indonesia untuk mendoakan dan menyisihkan sebahagian harta dengan infak terbaiknya bagi Palestina. Dalam acara ini, total dana yang terkumpul untuk donasi Palestina sebesar 1.434.000 rupiah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Indonesia Mendongeng Jakarta, Ariva Azka Meylan Azima mengatakan, “Terimakasih kepada berbagai pihak yang telah berkerja sama menyukseskan kegiatan Indonesia Mendongeng ini. Semoga kegiatan ini memberikan banyak keberkahan kepada seluruh panitia, donatur, relawan, adik-adik peserta, dan para pendamping,” Pungkasnya.

Hingga saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan bantuan 32.671 paket makanan siap saji, 1.515 paket obatan-obatan ke Rumah Sakit Gaza, 2.472 paket food basket, 180 pakaian musim dingin, 207 Hygiene kits, 3.640 kaleng kornet Superqurban, 3 truk kontainer bermuatan full logistik dari Cairo-Gaza, 3.500.000 liter air bersih, dan ⁠2 titik desalinasi air laut. Adapun untuk pekan 3 dan 4, Rumah Zakat akan menyalurkan 10.000 makanan siap saji, 1000 food basket, 2.400 sandang musim dingin, 2 titik Aksi siaga sehat, 1 unit Ambulance, dan 2 unit Desalinasi Air Bersih.