Polres Tasikmalaya Pastikan Perayaan Natal di Kecamatan Cipatujah Berlangsung Aman dan Lancar

Fokus Kab Tasik Sosial

KAB.TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Tiga gereja di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, sebagian umat Nasrani di Cipatujah melaksanakan perayaan Natal, yang dihadiri oleh ratusan jemaat, Senin (25/12/23).

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, umat Nasrani yang beribadah di Cipatujah adalah tidak hanya warga sekitar gereja, umat Nasrani dari Karangnunggal dan Garut Selatan turut dalam Iabadah. Meski jaraknya belasan hingga puluhan kilometer, umat Nasrani ini antusias melaksanakan Ibadah.

“Ada tiga Gereja di Selatan Tasikmalaya yang menggelar ibadah dan perayaan Natal. Salah satunya, Geraja Pasundan di Kampung Kalaksanaan Cikawungading.

Jemaah yang datang tidak hanya warga sekitar tapi dari Karangnunggal dan Garut Selatan yang jaraknya puluhan kilometer,” kata KH Edeng ZA, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Tasikmalaya, Senin (25/12/23).

Dipastikan jalannya Ibadah berlangsung lancar dan aman. Sejumlah personil kepolisian turut mengamankan situasi.
“Alhamdulillah kerukunan umat beragaman dan toleransi umat beragama di Kabupaten Tasikmalaya terjaga dengan baik. Umat Kristiani bisa ibadah dengan nyaman dan aman,” ujar Edeng ZA.

Sementara itu, Kepolisian Resort Tasikmalaya memastikan Perayaan Natal Berjalan aman, dengan melakukan pengecekan.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Bayu Catur Prabowo bersama anggota memantau jalanya Ibadah di sejumlah Gereja di Selatan Tasikmalaya. Selain memeriksa personil, kepolisian sempat berinteraksi langsung dengan pengurus dan menyapa beberapa jemaat. Mereka menyambut baik kehadiran petugas.

AKBP Bayu Catur Prabowo menyatakan perayaan Natal di Kabupaten Tasikmalaya berjalan aman dan damai. Personilnya dibantu instansi terkait dari unsur TNI dan Satpol PP tersebar diseluruh gereja guna menjamin kegiatan perayaan Natal berjalan aman, damai dan kondusif.
“Alhamdulillah kegiatan ibadah sudah dilaksanakan dan pearyaaan Natal  berlangsung aman dan terkendali,” kata Bayu.

Ia menambahkan, untuk arus lalu lintas menuju kawasan wisata masih belum menunjukan peningkatan. “Arus lalu lintas belum ada peningkatan ke Daerah wisata Cipatujah. Kami tadi cek Pos Lalu Lintas,” tandasnya.