Program Inovatif Berhasil di Tuntaskan Perumda. TRS Sepanjang Tahun 2023

Fokus Subang Sosial

Pewarta: Feri

KAB.SUBANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Perumda TRS dengan TOP nya (Trust, Openness and Partnership), sebagai salah satu BUMD terkemuka dan mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan vital warga kabupaten subang dengan bangga mengumumkan keberhasilan pelaksanaan program inovatif yang telah dilaksanakan sepanjang Tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan Dirut Perumda TRS Lukman Nurhakim dalam kegiatan Media Gathering bertajuk ‘Ngopi Bareng Media’ di Warung Kopi Pinus, Kamis (21/12/2023), yang diikuti Media massa Televisi, media cetak, media online, dan elektronik.

Program tersebut antara lain adalah pelaksanaan program hibah air minum perkotaan (AMK) bagi Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 2100 sambungan rumah (SR), inovasi pembayaran dengan mengunakan platform digital seperti shopeepay, tokopedia, buka lapak, gopay, dana, briva, lazada, pospay dan berbagai platform pembayaran digital ternama lain serta 24 hours quick respons, digitalisasi system administrasi dan pengolahan database konsumen yang mandiri dan realtime, program bantuan stimulan NUWSP SPAM Kecamatan Sagalaherang, optimalisasi Kerjasama dengan pihak industri di kabupaten subang, penambahan dan penggantian pompa, serta pembentukan tim Non revenue water (NRW) untuk menangani berbagai masalah kebocoran dan distribusi air yang selalu siaga 24 jam.

“Berbagai keberhasilan diatas menjadi salah salah satu faktor naiknya kepercayaan pelanggan kepada perumda TRS. Hal tersebut dibuktikan baru-baru ini dengan hasil survey kepuasan pelanggan yang dilaksanakan oleh perumda TRS bekerja sama dengan Lembaga DIGITS Universitas Padjajaran (UNPAD),”jelasnya.

Lebih lanjut Lukman menjelang, dari hasil survey menunjukan kenaikan yang signifikan dalam hal kepuasan pelanggan terhadap pelayanan perumda TRS, Sebanyak 6,50% menyatakan sangat puas, 53,44% menyatakan puas, 30,30% menyatakan cukup puas, 9,10% menyatakan kurang puas, dan 0,66% tidak puas, Sebanyak 90, 24% menyatakan kepuasaan nya terhadap pelayanan perumda TRS.

Peningkatan kepuasan pelanggan ini berbanding lurus dengan peningkatan penghasilan Perumda TRS yang mengalami kenaikan sebanyajk 30% sepanjang tahun 2023 atau sekitar 7,6 Miliar rupiah.

“Keberhasilan ini menandai tonggak bersejarah dalam komitmen berkelanjutan kami terhadap pelayanan yang maksimal dan konsisten kepada para konsumen,”ujar Lukman.

Komitmen Perumda TRS terhadap keberlanjutan program dalam rangka meningkatkan pelayanan akan terus menjadi fokus Perusahaan di tahun 2024 yang akan datang, berbagai program telah dipersiapkan untuk di laksanakan di tahun depan, program tersebut antara lain adalah:

1. Program Inpres tahun 2024 (penambahan sambungan baru sebanyak 2100 SR) gratis biaya pemasangan akan menambah jumlah konsumen yang terdaftar sebagai konsumen aktif perumda TRS sebanyal 50787 SR (data per 31 oktober 2023)

2. Perbaikan Catchment Area dan penambahan kapasitas Distribusi untuk wilayah pelayanan cabang kota subang.

3. Uprating WTP Kalijati untuk Pemenuhan pelayanan domestik dan industri.

4. Reklasifikasi pelanggan

5. Pengembangan aplikasi perumda TRS Mobile]

6. Pengembangan bisnis untuk air minum dalam kemasan (AMDK)

7. Rencana penyesuaian tarif Perumda TRS

Pencapaian penting dan rencana program peningkatan pelayanan ini tentu saja tidak terlepas dari komitmen Perumda TRS dalam berkolaborasi dengan para mitra, baik dari pihak pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta maupun para stake holder dari elemen Masyarakat kabupaten subang sebagai implementasi dari moto perumda TRS yang gagas oleh jajaran direksi Perumda TRS yaitu Trust (kepercayaan), openess ( keterbukaan) dan Partnership (kemitraan) atau disingkat TOP.

“Keberhasilan Perumda TRS dalam melaksanakan berbagai program adalah bukti dari dedikasi dan peningkatan kinerja karyawan perumda TRS, serta dukungan tak tergoyahkan dari pemangku kepentingan,”imbuhnya.

“Dengan pencapaian gemilang ini perumda TRS tetap berkomitmen untuk konsisten dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,”pungkasnya.

Acara media gathering ini pun diikuti jajaran Direksi dan karyawan Perumda TRS.