UPTD Puskesmas Cijagang Gelar Kelas Ibu Hamil Gratis

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Aris

KAB.CIANJUR.FOKUSPRIANGAN.ID – UPTD Puskesmas Cijagang menggelar kegiatan kelas Ibu Hamil gratis di Halaman Kantor Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu, (20/12/23).

Menurut Kepala Piskesmas Cijagang, Utari Doriomas, Kelas Ibu Hamil adalah sarana belajar kelompok di mana para ibu hamil bisa belajar bersama tentang kehamilan dan persalinan.

“Di Kelas Ibu Hamil (KIH), mereka bisa mendapat pengetahuan dan keterampilan mulai dari perawatan bayi baru lahir, penyakit menular, serta kepengurusan akte kelahiran,” kata Utari.

Utari menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakam dalam rangka percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) dan Prevalensi Balita stunting.

“Dalam hal itu salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil,” imbuhnya.

Ia juga menerangkan jika Kegiatan kelas ibu hamil tersebut diikuti oleh 7 ( tujuh ) desa wilayah kerja UPTD Puskesmas Cijagang. Namun untuk pelaksanaannya utari menuturkan dilaksanakan di Desa Cijagang.

“Jumlah ibu yang mengikuti kelas ibu hamil, per kelas nya diikuti oleh masing masing 10 orang,” kata dia.

Kepala Puskesmas, Utari Doriomas juga mengatakan bahwa untuk pemateri dalam kegiatan tersebut ialah Bidan desa dan pemateri dari Puskesmas Cijagang.

“Untuk Inovasi Kadu Bu Isti (Kader Pemburu Ibu Hamil Beresiko Tinggi) dan KIH (Kelas Ibu Hamil) dari UPTD Puskesmas Cijagang,” kanya.

Dengan adanya kegiatan tersebut Utari berharap para Ibu Hamil dan calon buah hati dapat selamat dan tumbuh kembangnua dapat optimal.

” Harapannya agar ibu selamat dan tumbuh kembang calon Buah Hati bisa optimal,” harapnya.