Bawaslu Kabupaten Ciamis Gelar Deklarasi Damai Tahun 2024 Bersama Partai Politik

Fokus Kab Ciamis Politik Sosial

Pewarta: Dede Irwan

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Bawaslu Kabupaten Ciamis Gelar Deklarasi Damai Tahun 2024 Bersama Partai Politik, bertajuk Deklarasi Ciamis Anteng. Kegiatan tersebut dilakukan di salah satu Hotel di Ciamis, pada Minggu (17/12/2023), dihadiri perwakilan seluruh partai peserta pemilu 2024, Stakeholder Kab. Ciamis, serta unsur TNI/Polri.

Kata “Anteng’ sendiri akronim dari ‘aman, netral, tertib, tenang”.

Jajang selaku ketua Bawaslu Ciamis, mengajak tokoh penting dan peserta rapat koordinasi yang hadir dalam acara Deklarasi Ciamis Anteng menjaga keamanan dan keberlangsungan Pemilu 2024 dengan damai.

“Mari kita semua mewujudkan pemilu sebagai sebuah pesta demokrasi yang berjalan dengan damai. Pemilu merupakan sebuah kontestasi, dan rakyat-lah yang menjadi juri,” ujarnya.

Deklarasi Ciamis Anteng bukan hanya seremonial semata. Ia mendorong agar seluruh stakeholders, di Kab. Ciamis bahu membahu mewujudkan komitmen ini untuk kemaslahatan rakyat.

“Kita ingin deklarasi ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Kab.Ciamis dalam menyambut pesta demokrasi tahun 2024 nanti. Sehingga seluruh proses Pemilu 2024 berjalan aman dan damai serta meningkatkan kuantitas dan kualitas Pemilu di Indonesia
dan tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Kami menekankan agar pegawai yang bekerja di lembaga pemerintahan untuk bersikap netral. “Netralitas adalah kunci dalam menjaga integritas proses demokrasi yang kita cintai. Kami mengajak, Ciamis harus kondusif. Sebab pada akhirnya pemilu adalah untuk mencari pemimpin bangsa. Sehingga jangan sampai pemilu membuat kebersamaan menjadi porak poranda.

Selain itu, seluruh elemen baik itu aparat negara, sipil maupun militer, di Kabupaten Ciamis untuk bersikap netral dan tidak memihak dalam Pemilu 2024.

Kegiatan deklarasi Ciamis Anteng menunjukkan semua pihak memiliki kesepakatan bahwa Pemilu 2024, baik Pilpres, Pileg, dan Pilkada harus berjalan dengan aman, damai dan lancar.

Dalam giat Rapat Koordinasi ini, Bawaslu juga melakukan sosialisasi pengawasan masa kampanye, dimana harapannya para peserta pemilu patuh dan taat terhadap semua regulasi yang ada. Hal ini demi mewujudkan Pemilu 2024 yang sukses tanpa ekses.